Pelita Air Service dan Teror Bom di Pesawat Terbang

Kamu pasti sadar banget, transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Bukan hanya berperan penting dalam bidang ekonomi untuk distribusi barang, transportasi juga sangat menunjang aktivitas sehari-hari. Contohnya, saat harus bekerja ke luar kota atau luar pulau, moda transportasi pesawat terbang seperti Pelita Air kerap menjadi pilihan, dengan alasan cepat dan efisien. Bicara … Read more

Pentingnya Personal Branding untuk Kamu yang Bekerja di Ranah Online

Di tulisan kali ini saya ingin mengakui dengan sejujurnya bahwa sebenarnya saya ini dulunya adalah seorang perempuan yang gaptek dan enggak paham kalau sudah berurusan dengan media sosial 🙂 Lo… memangnya ada apa sih kok mendadak bikin pengakuan jujur begini? kwkwk… Iya, saya pengennya siapa aja perempuan yang hari ini masih mengaku gaptek, semakin menyadari … Read more

Tetap Stylish dan Syar’i, Perhatikan Do’s n Dont’s Ini Saat Mengikuti Tren Busana Muslim Kekinian

Tumbennn bahas fashion, euyy 😁 Sudah tahu kan ya, perkembangan dalam dunia fashion muslim beberapa tahun terakhir ini memunculkan banyak desain busana muslim yang trendi dan kekinian. Hal ini menyiratkan bahwa busana muslim ternyataaa Alhamdulillah, kian digemari oleh masyarakat kita, khususnya para wanita. Aneka model hijab, gamis, dan variasi motifnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

.

busana muslim
Image : eramuslim.com

.

Dikutip dari laman Hijab Yuk, pengertian hijab sebenarnya adalah penutup atau penghalang yang menutup sesuatu, sehingga tidak boleh dilihat orang lain. Penghalang itu bisa berupa tirai, tembok, atau pintu jika di rumah. Sedangkan jilbab merupakan bagian dari hijab. Jilbab adalah hijab yang menutupi tubuh.

Biar gak bingung, ringkasnya, jilbab adalah hijab (penutup) bagi wanita. Sedangkan hijab banyak ragamnya, termasuk salah satunya adalah jilbab.

Lalu bagaimanakah sebenarnya hijab (pakaian penutup) yang sesuai dengan syari’at dan tuntunan di dalam Al Qur’an? Berikut penulis kutip 3 diantaranya.
.
.
🍁 Menutupi Seluruh Tubuh

Allah telah menjelaskan secara detil di dalam QS. Al Ahzab 59 :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang..”

Sesuai hadist Rasulullah Saw, aurat pada wanita muslim adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Adapun cadar adalah sunnah dan lebih baik jika memang ingin menggunakannya.
.
.
🍁 Tidak Memperlihatkan Bentuk Tubuh

Termasuk dalam poin ini adalah pakaian yang ketat, tipis, dan kerudung yang membentuk gulungan rambut di bagian belakang kepala seperti punuk unta.

.

larangan busana muslim
Image : ayoberjilbab.com

.

Asma binti Abu Bakar telah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Rasulullah bersabda,

Wahai Asma, sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menzahirkan (menampakkan) anggota badannya kecuali pergelangan tangan dan wajah saja…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lainnya Rasulullah Saw berkata,

Ada dua golongan penduduk neraka yang belum pernah aku lihat. Suatu kaum yang memiliki cemeti seperti ekor lembu untuk memecut manusia. dan para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, Berlenggak lenggok, kepala mereka seperti bonggol unta yang bergoyang-goyang. Wanita yang seperti itu tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium baunya, padahal bau wangi surga dapat tercium keharumannya dalam jarak yang sangat panjang dan jauh..” (HR. Muslim)

.

🍁 Tidak Menyerupai Pakaian Laki-laki

Ibnu ‘Abbas r.a berkata :

“Rasulullah Saw melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al-Bukhari no. 5885, 6834)

.

busana muslim syar'i
Image : picmog.com

.

Dalam masalah laki-laki menyerupai wanita ini, Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan :

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan laki-laki dan perempuan di mana masing-masingnya Dia berikan keistimewaan. Laki-laki berbeda dengan wanita dalam penciptaan, watak, kekuatan, agama dan selainnya. Wanita demikian pula berbeda dengan laki-laki. Siapa yang berusaha menjadikan laki-laki seperti wanita atau wanita seperti laki-laki, berarti ia telah menentang Allah dalam qudrah dan syariat-Nya, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki hikmah dalam apa yang diciptakan dan disyariatkan-Nya…”

Semoga bermanfaat ya, Dears informasi diatas. Saya pun hingga saat ini masih terus belajar dan belajar lagi, jauhhh dari kata sempurna.

Yuk, kita sama-sama terus upgrade diri, dan jangan lupa untuk mohon kekuatan agar tetap istiqomah di jalan-Nya. 💕

💜💛💚

Tragedi Lion Air JT-610, Antara Cinta, Cita dan Keprihatinan

Satu minggu terakhir….
.
Pemberitaan media begitu sarat dengan tragedi kecelakaan si burung besi Lion Air JT 610 tujuan Jakarta – Pangkal Pinang, yang jatuh di perairan Karawang pada tanggal 29 Oktober 2018 lalu.
.
Pemberitaan ini bahkan mengalahkan berita utama di negeri ini, tentang musibah besar gempa dan tsunami Palu dan Donggala, yang lagi-lagi menjadi musibah ke sekian setelah peristiwa gempa Lombok sekitar 3 bulan yang lalu.
.
Ah, negeriku…
Ada apa dengan dirimu??
.
Bahkan seribu satu pro dan kontra di sosial media takkan mampu mencari tahu apa sebenarnya yang Dia rencanakan di balik semua kejadian ini.
.
.
20181105_011458_0001~01~01~01
.
Kembali pada tragedi jatuhnya pesawat Lion Air…
.
Ingatanku seolah melayang pada masa puluhan tahun silam…
Pada masa kecil dimana naik pesawat masih menjadi sesuatu yang eksklusif, dan beruntungnya, aku telah diberi kenikmatan untuk merasakannya.
.
Bouraq, Merpati, dan tentu saja sang pelopor penerbangan Garuda Indonesia,  adalah sederet nama maskapai yang sangat berjaya pada masa itu.
.
Tiga maskapai tersebut memberikan pelayanan yang istimewa dan sungguh memuaskan. Pilihan makanan dan minuman tersaji lengkap beserta kemasannya yang tampil ekslusif bak suvenir pernikahan. Ah, kenapa tak ada satu pun yang sempat aku dokumentasikan, ya? Betapa sesal kemudian serasa tak berguna.
.
Harga tiket pesawat pada era 80-90an itu mungkin tak ada yang diobral seperti zaman now. Tak ada istilah tiket promo, atau rebutan kursi promo.
.
Bahkan aku ingat, saat berusia 6 tahun, almarhum Bapak pernah mengatakan usiaku masih 5 tahun kepada petugas saat membeli tiket di loket. Tidak lain tidak bukan agar aku boleh duduk di pangkuan Bapak, tanpa harus membeli kursi sendiri. Lumayan bisa menghemat satu orang kan? ^^ Hemm…. ide yang cerdas…
.
Di masa itu jarang sekali ku dengar ada kecelakaan pesawat. Maka ketika tiket pesawat di masa kini semakin banyak diobral, seiring munculnya begitu banyak maskapai baru, dan impian naik pesawat telah menjadi kisah nyata milik semua orang, kenapa justru begitu banyak tragedi kecelakaan mengiringinya?
Bukankah seharusnya segalanya menjadi lebih baik?
.
Alat, sistem, fasilitas, kinerja, dan SDM seharusnya menjadi lebih rapi dan teratur seiring berkembangnya segala kemudahan yang ada.
.
Ahh…. teori dan asal bicara memang terlalu mudah diucapkan, ya Dears 😁
Siapa lah aku yang hanya seorang penumpang, yang saat ini hanya mampu menekan keypad di smartphone untuk sekadar menuliskan sepenggal opini berbasis masa lalu ini.
.
Kalau diizinkan bicara, aku hanya ingin mengatakan bahwa sesungguhnya aku mencintai langit, pesawat, dan segala hal berbau angkasa.
.
Cita-citaku dulu ingin menjadi seorang Pramugari dan Astronot. Entah apakah aku cukup cantik atau tidak saat itu heehhee…. tapi terlalu sering melihat mbak-mbak cantik itu di pesawat membuatku ingin menjadi seperti mereka. Sedangkan pilihan menjadi Astonot terpatri di dalam hati, lantaran saat itu sedang booming pemberitaan tentang calon Astronot pertama Indonesia bernama Dr. Pratiwi Sudharmono.
.
Bukankah nama kami sama-sama Pratiwi? Siapa tahu keberuntungan juga memihakku? 😅
.
.
Namun, ketika akhirnya masa remaja tiba dan tinggi badan tak memadai dalam persyaratan menjadi seorang Pramugari, cita-citaku seketika berubah ingin menjadi seorang Diplomat dan Penyiar Televisi. *cukup pilih salah satu, Diplomat atau Penyiar ya, jangan kau duakan cintamu #eeaaa #upss
.
Selanjutnya, aku sudah cukup puas melihat mbak-mbak Pramugari cantik itu setiap kali naik pesawat dan memperhatikan seragam mereka. Sesungguhnya ada sebersit rasa syukur di dalam hati, karena salah satu persyaratan tes menjadi Pramugari yang pernah kubaca adalah harus mengenakan rok di atas lutut. Ah, bukan aku banget itu. Aku terlalu sopan dan pemalu melakukan itu ☺ Tampaknya Dia Yang Maha Mengetahui sudah sangat pas mengatur segalanya, dengan tidak mengizinkanku menjadi seorang cabin crew.
.
Kini ku tahu, tak selamanya sesuatu yang terlihat menyenangkan dan wah selalu indah seperti yang kubayangkan.
Apalagi setelah beberapa hari lalu menyaksikan tayangan di sebuah televisi swasta, tentang wawancara bersama seorang Pramugari yang menjadi salah satu korban dalam kecelakaan maskapai singa terbang ini beberapa tahun yang lalu. Ia bercerita harus menjalani berkali-kali operasi untuk memperbaiki anggota tubuh dan tekstur wajahnya akibat kecelakaan itu, tanpa ada bantuan dari pihak perusahaan. Ia pun menuturkan ketidakjelasan sistem kontrak yang diterapkan, karena ia dan rekan sejawatnya masih terlalu muda saat itu. Bisa diterima sebagai Pramugari dan berkeliling Indonesia dengan pesawat saja sudah merupakan suatu kebanggaan baginya dan teman-teman, tanpa terpikir hal lain terkait perjanjian kerja dan sejenisnya.
.
Miris memang, sekaligus prihatin mendengarnya.
Tapi sekali lagi…
Siapalah aku?
Yang hanya mampu menautkan beberapa rangkai kalimat dalam kenangan akan cita-cita masa lalu.
.
Tapi tak perlu khawatir, aku masih tetap penggemarmu yang dulu.
.
Masih tetap cinta langit, pesawat, dan segala hal yang berbau angkasa… 💕
💜💛💚

Sungguh, Tanda-tanda Kiamat Ini Akan Membuat Relung Hatimu Bergetar

  “…Tahukah kamu apakah hari Al Qaari’ah (hari kiamat) itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan…” (QS. Al Qaari’ah : 3-5)   Untukmu yang menyadari akan besarnya kekuasaan Allah, kutipan ayat di atas sejenak akan membuat nurani kita merasa bergetar. Ayat di atas menceritakan tentang dahsyatnya … Read more