Tips Memilih Cream Penghilang Flek Hitam

Bukan rahasia lagi jika flek hitam kerap menjadi musuh utama para wanita, terutama yang berada di daerah tropis, termasuk Indonesia. Umumnya, kadar melanin atau pigmen kulit yang meningkat merupakan alasan munculnya kondisi hiperpigmentasi atau perbedaan warna kulit. Selain itu, flek hitam juga bisa disebabkan karena adanya tanda-tanda penuaan, bekas jerawat yang tak kunjung sembuh, maupun faktor genetik.

Cream penghilang flek hitam
Image: Unsplash.com/pokoskincare

Nah, kalau penyebab flek hitam di wajahmu berasal dari faktor genetik, tidak mudah untuk menghilangkan masalah ini. Namun, jika penyebabnya adalah sinar matahari atau bekas jerawat yang menggemaskan *ehhh kwkwkwk—kamu dapat mencegah atau mengurangi penampakannya, bahkan menghilangkanya melalui perawatan secara rutin menggunakan rangkaian skincare atau cream penghilang flek hitam.

Kalau saya bagaimana? Sering bingung enggak mengatasi hiperpigmentasi kulit ini? Iyap, Bestie! Berhubung kulit saya agak cerah, jadi masalah flek hitam ini cukup bikin khawatir dan meresahkan. Asal kamu tahu, ya, makin gelap warna kulit kita, artinya makin tinggi kadar melanin yang dimiliki. Dampak positifnya, mereka yang memiliki warna kulit gelap biasanya memiliki kadar ketahanan lebih tinggi terhadap sinar matahari dibandingkan pemilik warna kulit cerah.

Nah, jadi jangan bete atau sebal dulu, ya, kalau warna kulit kita tidak secerah yang diinginkan karena setiap warna kulit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan flek hitam yang nyantol di kulit wajah:

  • Menggunakan tabir surya atau produk sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30.
  • Menghindari beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, terutama mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore.
  • Melakukan perawatan rutin harian menggunakan cream penghilang flek hitam.
  • Menjalani perawatan laser untuk menghilangkan noda flek yang membandel.
  • Melakukan chemical peeling dengan pengawasan dari dokter ahli kecantikan untuk memperbarui regenerasi kulit wajah dan menghilangkan sel kulit mati.

By the way busway … dari beberapa cara di atas, kamu sudah pernah coba yang mana, nih? Saya sendiri sudah pernah mencoba hampir semuanya, kecuali tindakan laser untuk menghilangkan adanya flek hitam. Alhamdulillah, sejauh ini, saya cukup melakukan perawatan sendiri di rumah menggunakan cream penghilang flek hitam dan rajin menggunakan tabir surya.

Cara Memilih Cream Penghilang Flek Hitam

Serem enggak, sih, kalau lihat berita banyaknya produk kecantikan berbahaya yang ditarik oleh BPOM dan tidak diizinkan beredar karena mengandung bahan berbahaya dengan iming-iming kulit putih secara instan? Big no, deh, untuk segala sesuatu yang instan, ya!
Terus, gimana dong, Bestie? Apa yang harus kita perhatikan saat memutuskan menggunakan cream penghilang flek hitam?

  • Pertama, wajib ada izin edar dari BPOM di kemasan produk, ya. Kalau kamu ragu atau bingung, kamu bisa cek kode produk atau nama merek di website resmi BPOM, yaitu https://cekbpom.pom.go.id/.
  • Pilihlah bahan alami yang tidak berbahaya, seperti vitamin C, atau arbutin (bahan alami yang berasal dari tanaman bluberi dan lingonberi). Keduanya berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat mengondisikan kulit.
  • Hindari bahan berbahaya seperti merkuri atau hidrokuinon. Sebenarnya, hidrokuinon masih diizinkan penggunaannya dalam persentase tertentu, asalkan harus dengan resep dokter. Namun, saya belum pernah menggunakan cream penghilang flek hitam yang mengandung dua bahan ini.

Semoga tips singkat dari saya mengenai cara memilih cream penghilang flek hitam yang bagus dan cocok untuk kulit masing-masing bermanfaat, ya. Penting banget mengetahui terlebih dahulu kondisi kulitmu sebelum memutuskan memilih cream flek hitam yang cocok.

Oh iya, Bestie … informasi terkini mengenai tips kesehatan dan kecantikan serta aneka produk populer yang kamu butuhkan sebagai pelengkap gaya hidup juga bisa kamu baca di situs ceklist.id ya. Bukan hanya tentang flek hitam, lo! Beragam informasi teknologi dan produk pilihan hadir di sana. Selamat berburu informasi, tips, dan produk terlaris yang kamu butuhkan! Jangan lupa untuk berbagi manfaat yang kamu dapatkan, yaa ….

tips menghilangkan flek hitam
Spread the love

21 thoughts on “Tips Memilih Cream Penghilang Flek Hitam”

  1. wah kebetulan banget mba saya juga mempunyai flek hitam gara-gara sering kena sinar matahari panas dan ga memakai sunscreen gitu, dan menggunakan cream penghilang flek ini memang wajib banget hati-hati

      1. Seiring bertambahnya usia, kerutan or dark spot mulai terlihat. Makanya kalau pengen ngatasin flek hitam memang nggak boleh sembarangan. Setahu saya bisa dilaser tapi lumayan harganya. Pilih krim juga harus hati-hati, harus yang udah BPOM dan halal

  2. masalah flek hitam ini memang momok ya, kalau udah nempel sekali susah hilangnya.. itu kata teman-teman saya yg kena flek hitam di wajah. Artikelnya bermanfaat banget, bisa saya bagikan ke teman yang memiliki problem flek hitam

  3. Malah beruntung ya kalau kulit wajah lebih gelap. Sedangkan saya cenderung cerah. Ada satu flek aja kelihatan banget…hiks. Mesti rajin pakai krim tabir surya, juga cari rangkaian perawatan yang tepat. Terima kasih ya, Bun tipnya sangat bermanfaat. Nanti kita sepedaan ke Turki, yaak 😀

  4. Iya nih kak,baca artikel ini aku jadi keingetan lagi nih buat skincare-an lagi nih. Mau cobain rajin pake sunscreen ah.

  5. saya sekarang ini mewajibkan diri untuk pakai sunscreen sih Mbak, sebelumnya suka skip aja apalagi kalau di rumah aja padahal mah di rumah juga tetap terpapar sinar matahari yekaan.

  6. wajahku mulai ada flek karena penuaan, nih. Ternyata disebabkan jarang pakai sunscreen dan efeknya baru kerasa sekarang. Walau gak parah, sekarang malah rajin pakai sunscreen dan cream khusus biar wajah tetap glowing. Tentunya yang aman di wajah dan sudah berizin BPOM.

  7. Urusan perawatan kulit wajah memang kita gak bisa main-main. Pernah sih, saya beberapa kali tertarik coba-coba produk yang iklannya ngilani. Sayangnya, bukan glowing yang didapat, tapi malah jerawat di mana-mana.

  8. Iya nih kalau wajah cerah dan mengalami masalah flek hitam pasti kelihatan banget jadi masalah kulit yang satu ini gak bisa dibiarin gitu aja. Harus segera diatasi ya dengan tips seperti yang udah di-share di atas

  9. Oh, bisa jadi akibat terpapar matahari ya kak. Jadi di sebelah hidung. bertepatan dibawah kantong mata ada kayak flek itam, kata orang akibat KB. Cobain cream flek hitam ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.