5 Manfaat Tidur, Me Time Murah Ala Saya

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah menulis tema ini dalam 9 Cara Me Time Mudah Ala Saya. Tak dapat dimungkiri bahwa aktivitas me time (memberikan waktu untuk diri sendiri melakukan sesuatu yang menyenangkan) merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kewarasan hati dan pikiran. Apalagi untuk seorang ibu yang hari-harinya telah dipenuhi jadwal padat merayap sejak bangun pagi hingga tidur lagi, menyediakan waktu khusus untuk membahagiakan diri sendiri rasanya memang perlu dilakukan. Tidur adalah salah satunya.

me time tidur

Dari beberapa aktivitas untuk menyenangkan diri sendiri yang saya pilih, mulai dari tidur, jalan-jalan, menikmati makanan kesukaan, olahraga, browsing, main game, atau pijat, aktivitas tidur merupakan me time yang paling mudah dan murah menurut saya. Meskipun sangat mudah dilakukan karena tak perlu mengeluarkan biaya, kegiatan istirahat ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat berharga bagi tubuh dan pikiran kita. Terkadang kita kerap mengabaikan aktivitas satu ini dan menganggapnya hanya sebagai rutinitas istirahat biasa, bukan? Padahal, kamu perlu juga, lo, sesekali menyediakan waktu khusus agar dapat beristirahat dengan tenang lebih lama daripada biasanya.

Apa saja sih manfaat tidur sebenarnya?

Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Mana nih yang ngakunya pengen selalu awet muda? πŸ˜€ Tahukah kamu, pada saat kita tidur, produksi kolagen di dalam tubuh mengalami peningkatan. Kolagen adalah zat yang membantu mempertahankan elastisitas kulit . Kolagen ini dapat bekerja maksimal pada saat tubuh kita dalam keadaan rileks dan sangat santai. Elastisitas yang dihasilkan kolagen membuat kulit terasa lebih kenyal, lebih tebal dan tingkat kendur menjadi berkurang. Jadi kalau ada yang mengaku pengen awet muda tapi istirahatnya kurang, ada baiknya mulai memasukkan aktivitas tidur lebih lama dari biasanya sebagai salah satu pilihan me time.

Mengurangi Risiko Terserang Berbagai Penyakit

Jantung, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi dan ginjal adalah beberapa penyakit berat yang rawan timbul apabila tubuh kita kurang beristirahat. Salah satu hormon yang mengalami peningkatan saat tubuh kurang tidur adalah hormon insulin. Hormon ini memproduksi gula darah yang kadarnya akan meningkat apabila tubuh kamu kurang istirahat. Nah, enggak mau kan terkena risiko penyakit diabetes? Meskipun ada keluarga nenek moyang yang sudah memiliki riwayat diabetes sebelumnya, bukan berarti kamu kemudian pasrah dan tak mau berusaha memperbaiki dirimu. Karena hidup adalah pilihan. Begitu juga dengan kesehatan.

Meningkatkan Mood

Merasa uring-uringan, cepat marah, kurang fokus dan konsentrasi bisa jadi diakibatkan tubuh yang kurang beristirahat. Coba deh perbaiki kualitas tidurmu. Jika kondisi kurang memungkinkan karena memiliki balita yang tidak dapat ditinggal istirahat lama, mintalah bantuan pasangan atau keluarga untuk menjaga buah hati sejenak agar kamu dapat tidur untuk memulihkan energi dan mood.

Mengurangi Berat Badan

Ahaa… ini pasti banyak yang suka heheheee…. Ternyata tidur yang cukup itu bermanfaat pada stabilnya hormon yang membuat kita lapar dan kenyang menjadi tetap seimbang. Kalau tidurmu kurang, hormon yang membuat lapar akan naik kadarnya, sementara hormon yang membuat kenyang menjadi turun, sehingga timbullah rasa lapar dan ingin makan πŸ™‚ Boleh dicoba, ya…

Menghindari Pikun

Duhh… Enggak nyangka ya cukup tidur ternyata membuat ingatan kita lebih tajam dan menghindari pikun. Berbagai peristiwa yang terjadi ternyata dapat lebih lama tersimpan di otak jika kita dalam keadaan tidur. Jika kurang tidur, memori yang ada tak sempat terekam lama dan akhirnya mudah hilang begitu saja. Kamu enggak mau kan masih muda usianya tapi sudah banyak lupa dan harus lelah mengingat-ingat sesuatu yang ingin kamu pikirkan kembali?

Dengan adanya 5 manfaat penting di atas rasanya tak berlebihan jika saya memasukkan aktivitas tidur sebagai salah atu me time mudah dan murah ala saya. Sederhana, tapi ternyata manfaatnya sungguh luar biasa.

Kalau kamu bagaimana? Apa me time favoritmu?

*Tulisan ini diikutsertakan dalam blog challenge Indscript Writing β€˜Perempuan Menulis Bahagia’

Baca Juga


Spread the love

26 thoughts on “5 Manfaat Tidur, Me Time Murah Ala Saya”

  1. Me time paling murah adalah tidur dan marathon drakor, menurut aku. Hehehehe

    Setuju banget me time itu bisa jadi mood booster. Dan itu udah sewajarnya dibutuhkan oleh manusia apalagi orang2 yang bekerja.

    Reply
  2. bener banget mb, tidur itu banyak manfaatnya cuman sebagian orang sering mengabaikanya. Padahal penting banget untuk kesehatan tubuh termasuk yg disebutkan mb hastin diatas.

    Reply
  3. bener banget baru kerasa manfaatnya pas kuliah gini, kenapa jaman smk dulu sengaja banget ya begadang biar keren, pdhl mah kuliah butuh bgt tidur buat jaga stamina dan emosi yg lebih stabil πŸ™‚

    Reply
  4. Bener banget.. me time Paling murah meriah ya tidur. Tapi kalau pas Punya bayi.. mo tidur berkualitas Aja susahnyaaaa… Kadang baru tidur bentar, lagi enak-enaknya aaah si baby udah meraung-raung. Makanya pas anak udah mulai bisa main sendiri begini.. puas-puasin deh bisa tidur dengan bebas wkwk.

    Reply
  5. Setuju kalau me time paling murah dan menyenangkan itu tidur. Tapi maunya tidur yang beneran tidur dan nantinya bangun sendiri, bukan karena dibangunin orang di rumah. Mood bisa kacau kala dibangunin. Saya sih begitu Ka Tiwi.

    Reply
  6. Eh itu beneran ya Mbak, klo tidur bisa mengurangi berat badan? Selama ini tahunya kalau tidur itu bisa jadi salah satu penyumbang kenaikan BB, hihihih.
    Tapi belakangan banyak jg sih orang yg ‘kembali’ dalam keadaan tidur, padahal sebelumnya baik-baik saja.

    Reply

Leave a Comment