Manfaat Menulis Blog secara General

“Alhamdulillah… sudah baikan. Masa terberat isolasi ada di hari ketiga dan keempat. Waktu itu aku paksa mengaji dengan suara dikeraskan sekalian latihan napas. Terus, aku juga minta dikasih buku sama bolpoin untuk menulis kalimat-kalimat positif. Setelah itu, alhamdulillah, plonggg rasanya. Ternyata benar, ya, manfaat menulis itu luar biasa.”

manfaat menulis blog

Ini pengalaman salah seorang teman dekat yang bercerita kepada saya masa-masa isolasi mandiri yang dia jalani. Ya, masa pandemi COVID-19 yang kita alami lebih dari setahun terakhir memang benar-benar meluluhlantakkan hampir seluruh sektor kehidupan. Tak sedikit yang akhirnya mengalami depresi dan kondisi psikis tidak sehat akibat situasi ini, padahal keseimbangan pikiran merupakan kunci dari sehatnya metabolisme tubuh kita.

Teman-teman, berbagai cara dan ikhtiar sudah pasti harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Selain melalui olahraga dan mengonsumsi aneka vitamin serta makanan sehat, salah satu cara terbaik untuk menyalurkan emosi yang tidak stabil adalah dengan menulis. Bukan hanya di masa pandemi saja sebenarnya karena manfaat menulis ini berlaku evergreen, alias sepanjang masa.

Dilansir dari laman Alo Dokter, banyak sekali manfaat menulis yang berhubungan dengan kondisi psikis, seperti dapat meredakan stres, menyalurkan emosi dan suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan memecahkan masalah.

Tahukah teman-teman? Menulis juga bisa menyeimbangkan otak kiri dan kananmu sehingga bukan hanya otak kiri yang bersifat analisis saja yang bekerja, otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas juga. Dengan cara ini, membiasakan menulis membuat kemampuanmu memecahkan masalah jadi lebih terasah.

Manfaat Menulis Blog

Aktivitas menulis saat ini sebenarnya lebih mudah dilakukan dari mana saja. Jika dulu kamu sering terlupa membawa buku catatan dan bolpoin kemudian jadi tak bisa menulis, saat ini semuanya bisa dilakukan hanya lewat smartphone.

Yup, smartphone merupakan barang berharga yang pasti selalu kamu ingat untuk dibawa. Bahkan ada candaan, “Jika kamu disuruh memilih, mending mana coba, lupa bawa dompet atau lupa bawa smartphone?” Hahaaa … 😀 Dijamin deh, mayoritas pasti menjawab, “Lebih baik lupa bawa dompet karena di smartphone sudah ada dompet digital, heheheee ….” 😀 Ya, ‘kan?

Nah, sebegitu mudahnya aktivitas menulis ini dilakukan, jadi ada baiknya mulai saat ini kamu kumpulkan tulisan-tulisan yang berserakan di dalam sebuah blog khusus agar tidak tercecer ke mana-mana. Enggak perlu mikir hal teknis yang terlalu berat, deh, seperti tulisan harus mengandung kata kunci agar bisa terbaca Google, blog harus bagus tampilannya, dll. Kalau sudah mikir itu duluan, kamu enggak bakalan jadi menulis di blog karena sudah lelah duluan. 🙂

Caranya, bikin aja dulu blog sederhana yang tutorialnya banyak bertebaran di Mbah Google. Setelah itu, mulailah rutin menuliskan apa yang kamu rasakan, aktivitas yang kamu lakukan, peristiwa yang terjadi di sekitar, sambil terus belajar sedikit demi sedikit tentang cara menulis yang baik dan enak dibaca agar pengunjung blogmu juga betah membacanya. Kelak, seiring berjalannya waktu, manfaat menulis di blog akan mulai kamu rasakan.

By the way busway, beberapa manfaat menulis di blog yang bisa kamu dapatkan saya rangkum secara singkat di bawah ini, ya:

1. Mengasah Kreativitas Diri

Memangnya menulis bisa mengasah kreativitas diri? Tentu saja, Esmeralda! Saat kamu menulis, mau tidak mau kamu harus berpikir, apa lagi ya kata atau kalimat yang harus dipilih? Kira-kira tema apa yang orang suka dan perlu aku tulis biar mereka pada baca?
Nah, dari situ, kamu wajib dong cari referensi atau data tepercaya sesuai tema tulisan. Jadinya, ya harus mau baca, harus mau googling, harus mau cari informasi yang benar. Otomatis, kita jadi tambah pintar, ‘kan? Meskipun pintarnya mungkin terpaksa karena cari bahan tulisan. *eehhh kwkwkwk

2. Berbagi Cerita dan Pengetahuan dengan Orang Lain

Menurut saya, ini paling mudah lo dijadikan tema tulisan. Iya, setiap ada aktivitas yang kamu lakukan atau pengetahuan baru yang kamu dapatkan, blog adalah sarana yang mengasyikkan untuk menceritakan aktivitas atau pengetahuan tersebut. Dengan begini, manfaat menulis blog bukan hanya dirasakan oleh pemilik blog, pembaca pun bahagia karena dengan mengunjungi blogmu mereka akan mendapatkan banyak informasi.

3. Sebagai Portofolio Hasil Karya atau Peristiwa Hidup

Misalnya, kamu suka fotografi dan hobi jalan-jalan. Nah, blog bisa banget dijadikan sebagai portofolio atau tempat menyimpan hasil perjalanan dan foto-foto yang kamu ambil selama melakukan perjalanan itu. Suatu saat kamu menjadi fotografer atau bloger profesional, klien tinggal membuka blogmu jika ingin mencari portofolio hasil karyamu.

4. Menjangkau Pelanggan Bisnis yang Lebih Luas

Siapa bilang berbisnis online hanya cukup lewat media sosial atau marketplace saja? Blog juga bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnismu. Banyak teman bloger yang membuka jasa penulisan misalnya, mempromosikan bisnis penulisannya lewat blog pribadi mereka sehingga pengunjung blog jadi tahu, “Ooohh… si A ternyata bisnis jasa penulisan artikel, toh? Besok kalau aku butuh jasa penulisan tinggal kontak dia, ah!” Misalnya seperti itu.

5. Menghasilkan Pendapatan dari Berbagai Kerja Sama

Nah, kalau yang ini semuanya pasti mupeng ya? Hehheee…. Benar sekali, Ferguso, blog memang bisa menghasilkan pendapatan, entah dari penulisan artikel sponsor, pemasangan iklan, pencantuman link dari website klien, hadiah lomba blog, beternak blog, menjadi pembicara dan mentor blogging, dan masih banyak peluang lainnya. Alhamdulillah, beberapa di antaranya sudah saya cicipi, kecuali beternak blog (karena belum bisa bagi pikiran :D) dan jadi pembicara (karena saya pemalu, wkwkwkwk ….) Bahkan, saya dulu pernah mendapat tawaran menulis naskah pengayaan dari satu penerbit karena ada seorang editor yang menemukan blog saya di Google.

Namun, poin nomor lima ini tidak serta-merta terjadi begitu saja seperti main sulap. Dibutuhkan waktu dan ketekunan mengisi blog dahulu sebelum tawaran demi tawaran datang menghampiri.

Nah, lima manfaat menulis blog di atas hanya segelintir saja dari banyaknya manfaat menulis blog yang akan kamu rasakan. Tentu, semuanya tidak bisa terjadi secara instan. Bukankah mi instan juga harus dimasak sebelum dikonsumsi?

Tips Memilih Web Hosting untuk Blog

Langkah selanjutnya setelah kamu rutin menulis di blog adalah berkumpul dengan berbagai komunitas bloger agar tulisan-tulisan di blogmu bisa dibaca oleh orang lain. Jika memang ada postingan tertentu yang bersifat pribadi untuk disimpan sendiri dan tidak ingin dibaca orang lain, kamu bisa kok mengatur privasinya untuk dibaca sendiri.

Biasanya nih, setelah berkumpul dengan banyak komunitas bloger dan blogmu sudah berumur minimal 6 atau 12 bulan, mulai ada berbagai tawaran kerja sama dari klien. Dari sini, sebaiknya kamu mulai memikirkan nama blog (domain) untuk di-upgrade ke top level domain menggunakan nama pilihanmu agar terlihat lebih profesional.

Nah, salah satu jasa penyedia jasa web hosting dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih adalah shared hosting server dari NEO Web Hosting. Mulai dari harga 20K, blogmu sudah bisa tampil profesional dengan berbagai kelebihan, seperti di bawah ini:

1. Jaringan traffic yang tidak terbatas.
2. Gratis nama domain tanpa syarat, termasuk untuk perpanjangan domain selama masa berlangganan.
3. Sistem keamanan data yang terjamin dengan adanya fitur SSL.
4. Adanya Enterprise-grade SSD yang membuat performa blog/website-mu makin cepat.
5. Penggunaan web server tercepat di dunia, LiteSpeed Enterprise, yang dapat menampung traffic pengunjung blog dalam jumlah besar sehingga blogmu tidak lemot.

Kabar baiknya lagi, menyambut bulan kemerdekaan ini, NEO Web Hosting juga mengadakan promo #WaktunyaMerdeka untuk layanan web hosting dan cloud server. Seperti apa syarat dan ketentuan selengkapnya? Simak di bawah ini, ya!

  1. Paket promo Web Hosting dan Dedicated Hosting.
  2. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting.
  3. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (sudah termasuk domain).
  4. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25.
  5. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id.
  6. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual.
  7. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru.
  8. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar

Gimana? Masih bingung dengan penjelasan promo di atas? Pasti bingungnya karena banyak promo dan mau pilih yang mana, ‘kan? Ya udah, kalau masih bingung, langsung aja kontak dan kirim e-mail ke layanan customer service di alamat ini, ya: support@biznetgio.com.

Semoga kamu dan siapa saja yang baru mulai menulis blog makin semangat dengan adanya berbagai kemudahan layanan blog dari penyedia jasa web hosting saat ini.

Enggak ada lagi, deh, istilah “takut menulis blog karena gaptek” seperti saya dulu waktu pertama kali punya blog. *tutup muka. Manfaat menulis blog saat ini merupakan investasi masa depan, mengingat kita akan hidup di era transformasi digital.

manfaat menulis

Spread the love

32 thoughts on “Manfaat Menulis Blog secara General”

  1. Iya aku pun di hari ke 3-7 saat isoman rasanya nggak karuan. Takut, khawatir, dan badan mulai tempur sama virus. Aku juga beberapa kali menuliskan di note apa aja yg aku rasain mbak. Abis itu ada rasa lega dan plong. Hhh
    Nah solusi nih buat yg pengen punya hosting, bisa kepo2 Neo Hosting🤩

  2. dulu, saya sok idealis banget, menulis blog itu just for fun aja, menulis suka-suka.
    menulis cerita sendiri, tapi semakin kesini emang sadar manfaat blog itu tidak hanya untuk saya sendiri, tapi blog itu bisa bermanfaat untuk semua, sekaligus bisa jadi amal jariyah juga kan ya jika orang ambil manfaat dari blogg kita 🙂

  3. Saya juga lebih milih smartphone sih, KTP dan SIM tinggal scan, simpan di Hape, hahahaha.

    Ngomongin soal manfaat menulis blog, alhamdulillah sudah merasakan semua, cuma yang belum itu jadi mentor blog dan pembicara saja.

    Pengen sih beli hosting, tapi lagi ngumpulin cuan dulu, biar dapat hosting yang joss.

  4. Sepakat. Menulis itu mau di blog atau buku atau apapun memang ada banyak manfaatnya. Tidak dibaca sekalipun oleh orang lain, tetap bermanfaat bagi si penulis itu sendiri yakan?
    Apalagi kalau menghasilkan….

  5. Menulis blog banyak manfaat, yang menghasilkan cuan itu bonus penyemangat ya mba, Tapi semua manfaat itu tetap melalui proses dan salah satunya tempat membeli hosting yg tepat. Siap mba ilmunya.

  6. Iyes, Alhamdulillah manfaat dari menulis banyak ya mbak. Selain memberi manfaat buat diri sendiri juga bagi orang lain. Terlebih jika tulisan kita dijadikan referensi buat orang lain. Rasanya bangga banget gitu deh

  7. Hi kak, aku setuju banget kalo nulis emang untuk keabadian yang membuktikan kita pernah eksis hehe. Kerasa banget ngeblog tuh nambah temen, wawasan, pengalaman dan cuan of course hehehe untuk Neo ini aku baru tau loh kak ❤️ makasih sharingnya yag

  8. Thank you berbaginya mbaaa.., akupun dari suka nulis untuk diri sendiri dan pacar *eh…setelah masa-masa nulis reportase dan terjun ke dunia online jadi makin pede untuk menulis.

    Tentang Neo Web Hosting, aku juga baru tau nih. Next semoga kebagian promonya juga.

  9. Setuju sama semua poin yang tertulis di artikel ini, jujur saya sempat naik turun sih soal tulis menulis di blog ini, akibat kekecewaan yang dialami *duh jangan sampe curhat disini.

    Tp Alhamdulillah, sempat istirahat tapi gak sampai 2 hari sudah menulis lagi di blog hehe. Keep writing mbak.

  10. sebagai yang udah ngeblog dari tahun 2010 dan masih aktif sampai sekarang, aku seneng banget sih bisa kenal blog karena memang banyak banget manfaatnya. apalagi biss dapet uang dari blog 😀

  11. Alhamdulillah mbak hastin sudah membaik semoga sehat selalu ya mbak.

    Memang ya banyak banget manfaat menulis blog itu.
    Dulu, aku selalu menjawab “supaya tetap dikenang” ketika sering ditanya alasanku suka menulis.

    Apalagi kalo menulis di blog tuh ada manfaat lain juga selain berbagi kebaikan dan manfaat pada orang lain ya mbak. Mana bonusnya bisa mendapatkan penghasilan juga nih dari blog.
    Ibaratnya tuh jadi hobi yang menghasilkan ya mbak.

  12. Dulu punya blog th 2009, murni untuk jualan online pake website. Dan seneng banget orderan rame sampe bisa jalan2ke luar negeri. Nggak nyadar kalau itu sudah memulai melangkah jadi blogger.
    Hasil yg didapat skg belum sebesar yang dulu ketika bisnis online, tp dijalankan saja. Dan senang banget artikel wisata banyak yang baca ^_^

  13. Sepakat dengan poin-poin manfaat menulis blog yang sudah dituliskan di atas, soalnya saya sendiri juga sudah merasakan semuanya. Nah untuk saya, ada tambahan lagi nih, akhirnya ketemu jodoh berkat blog juga hehehe

  14. Bener banget nih semua yang dituliskan Mba Hastin, banyak banget ya manfaat menulis blog, saya juga kl lagi bad mood bawa aja nulis, eh abis itu fresh lagi, berarti work banget kan menulis bisa menyalurkan emosi

  15. Manfaat blog ada banyak ya Mbak. Dulu saya juga ngeblognya sebatas menyalurkan hobi menulis saja tapi siapa sangka berawal dari hobi ngeblog kini saya bisa produktif di rumah dengan aktivitas ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.