Doa Salat Tahajud dan Keutamaannya

Teman-Teman, saya pernah mendengar ceramah dari beberapa orang ustaz, yang semuanya mengatakan bahwa salat Tahajud adalah salah satu salat sunah yang memiliki banyak keutamaan dibandingkan salat sunah lainnya. Seperti kamu tahu, salat Tahajud ini dikerjakan pada malam hari, tetapi bila kita ingin mendapatkan waktu terbaik untuk mengerjakannya, lakukanlah pada sepertiga malam.

Salat Tahajud
Doa dalam salat Tahajud ibarat anak panah yang melesat ke sasaran. (Image: Unsplash.com)

Doa yang dipanjatkan saat salat Tahajud ibarat anak panah yang dilepas dari busurnya agar melesat dari sasaran. Meski saya belum bisa konsisten menjalankan salat ini di sepertiga malam, saya berusaha mengerjakan salat Tahajud sebelum beranjak tidur, terutama bila tidurnya sudah lewat tengah malam.

Di artikel ini, ada doa yang bisa kamu baca setelah selesai salat Tahajud, di antara doa-doa pribadi yang pastinya juga kita panjatkan. Namun, sebelum mengetahui bacaan doa setelah salat Tahajud, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu dalil atau perintah mengerjakan salat ini.

Dalil Mengerjakan Salat Tahajud

Salat Tahajud adalah salat yang memiliki keutamaan saat dikerjakan. Ini sesuai dengan perintah untuk mengerjakan salat Tahajud di dalam Al Qur’an, surah Al Isra ayat 79,

“… pada sebagian malam, kerjakanlah salat Tahajud sebagai ibadah tambahan untukmu. Mudah–mudahan Tuhanmu mengangkat ke tempat yang terpuji.”

Doa Setelah Salat Tahajud dan Artinya

Meski doa setelah salat bisa kita sampaikan dengan kalimat sendiri, ada baiknya jika sebelum berdoa secara pribadi, kita terlebih dahulu berdoa menggunakan bahasa Arab.

Hemmm … terus gimana dong kalau belum hafal? Kamu bisa tulis doa berikut ini di kertas dan membacanya setelah selesai salat Tahajud, ya!

“Allahumma rabbana lakalhamdu anta qayyimussamaa waatiwal ardi wa man fiihinna. Walakalhamdu anta malikus samaa waatiwal ardhi wa man fiihina. Walakalhamdu anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihina. Walakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qaula haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu ‘alaihi wassallama haqqun, wassaa’atu haqqun.”

“Allahummalaka aslamtu, wabika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wailaika anabtu, wabika khaashamtu, wailaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wamaa akhkartu, wamaa asrartu, wamaa a’lantu, wamaa anta a’lamu bihiminni. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya :

“Ya Allah … milik-Mu segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi, beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi, beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi, beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu segala puji. Engkaulah yang Hak (benar), janji-Mu benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar, neraka itu benar, para Nabi itu benar, Nabi Muhammad saw. itu benar, dan hari kiamat itu benar.

“Ya Allah … hanya kepada-Mu aku berserah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali, hanya kepada-Mu kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu aku berhukum. Sebab itu, ampuni dosaku, baik yang sudah kulakukan dan yang akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa lain yang Engkau lebih tahu. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan Salat Tahajud

Setelah belajar doa salat Tahajud, ada baiknya kita megetahui pula apa keutamaan salat Tahajud.

Mencegah Perbuatan Dosa karena Dilakukan oleh Orang Saleh

Sebagaimana hadis Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, salat Tahajud adalah ibadah yang paling sering dilakukan oleh orang -orang saleh pada zaman dahulu. Dengan menjaga ibadah kita mengikuti tabiat para salafus shalih, insya Allah kita juga terjaga dari keinginan berbuat dosa dan melanggar sesuatu yang diharamkan.

Menenangkan Hati

Mengerjakan salat Tahajud di malam hari juga bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang. Mungkin kamu sedang insecure, atau overthinking? Nah, lewat salat ini insya Allah kita jadi lebih ikhlas dan mampu menyerahkan semuanya hanya kepada Allah semata. Waktu mengerjakannya di malam atau dini hari juga sangat mendukung kekhusyukan kita karena di waktu tersebut, Allah Swt. sedang dekat-dekatnya dengan hamba-Nya. Ini menjadi kesempatan kita untuk meminta.

Tulisan ini sebagai pengingat buat saya agar senantiasa istikamah menjalankan salat Tahajud. Semoga kamu juga, ya!

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.