Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Sungguh di Luar Dugaan

Setiap musim durian tiba, saya cuma bisa geleng-geleng kepala melihat cara para penggemar buah ini menyantap buahnya. Rasanya kok nikmaaattt sekali, ya? Maklum, saya enggak pernah suka buah ini. *hiksss. Sejak kecil, saya hanya suka dengan aromanya. Kadang dalam bentuk permen, atau sebagai esens aroma untuk kue kering yang dibuat oleh Ibu. Sampai pada akhirnya, saya menemukan potongan artikel tentang manfaat buah durian di salah satu surat kabar.

manfaat buah durian
Manfaat buah durian ternyata luar biasa bagi tubuh kita. (Sumber: Pexels.com/TomFisk)

Buah durian yang memiliki nama latin Durio zibethinus ini merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan sering disebut dengan King of Fruit, alias rajanya buah. Di Indonesia sendiri, daerah penghasil durian terbesar ada di Pulau Kalimantan.

Dengan ciri khas kulit yang berduri, daging bertekstur krim, serta aroma yang menyengat, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah durian juga memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu kepo enggak, apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan? Yuk, kita baca bareng-bareng, ya!

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah durian yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Durian mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Wah, bagus dong untuk kamu yang sehari-hari kurang serat.

Selain itu, durian juga mengandung thiamin dan niasin yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Berarti saya seharusnya mengonsumsi buah ini, dong, agar nafsu makan lebih stabil dan terjaga. Maklum, saya sering lupa kalau sudah tiba waktu makan. Kadang juga merasa cepat kenyang, padahal makanan yang dikonsumsi belum seberapa dan berat badan juga di bawah berat ideal.

2. Mencegah Depresi 

Poin kedua ini jujur, bikin saya tercengang. Manfaat buah durian selanjutnya adalah sebagai anti-depresi alami. Tahukah kamu bahwa durian kaya akan vitamin B-6 yang sangat penting untuk memproduksi serotononin? Serotonin adalah hormon yang berperan dalam memunculkan rasa bahagia dan mencegah depresi. Kadar serotonin yang rendah tentunya bisa memicu depresi. Nah, dengan mengonsumsi buah durian, kadar serotonin dalam tubuh kita akan meningkat sehingga dapat mengatasi depresi. 

Selain itu, buah durian juga mengandung triptofan, yaitu asam amino yang dibutuhkan dalam pertumbuhan. Saat triptofan memasuki otak, akan dikonversi menjadi serotonin yang dapat memacu perasaan relaksasi dan kebahagiaan. Kelebihan serotonin ini kemudian akan dilepas dalam bentuk hormon melatonin ke dalam aliran darah yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Luar biasa, bukan?

3. Menguatkan Tulang

Manfaat buah durian lainnya yang tidak pernah saya duga adalah untuk menguatkan tulang. Hal ini disebabkan buah durian kaya akan kandungan kalsium, kalium, dan vitamin B. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kamu pasti tahu bahwa kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. 

Menurut penelitian, mereka yang kurang mengonsumsi kalsium sebelum usia 20-25 tahun akan memiliki risiko jauh lebih tinggi terkena osteoporosis (kerapuhan tulang) di kemudian hari.

4. Sumber Energi

Tahukah kamu bahwa dalam setiap 100 gram buah durian terkandung sekitar 21 persen kebutuhan karbohidrat harian yang kita perlukan? Buah durian ini kaya akan sumber karbohidrat sehingga dapat membantu mengisi kembali tingkat energi dalam tubuh.

Karbohidrat sendiri sangat bemanfaat sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari, termasuk olahraga, sehingga durian sangat cocok dijadikan camilan sebelum berolahraga. Dengan mengonsumsi buah durian, kamu akan lebih kuat selama melakukan aktivitas menyehatkan ini.

5. Mencegah Penuaan Dini

Waduh, kalau manfaat buah durian yang satu ini perlu banget diketahui, terutama oleh kaum wanita. 😀 Yup, seperti buah nangka, ternyata buah durian juga kaya akan vitamin C. Sudah tahu ‘kan bahwa vitamin C merupakan sumber antioksidan dan sangat efektif untuk membantu menjaga tingkat stres oksidatif yang ditimbulkan akibat radikal bebas. Jadi, semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat pula terjadi proses penuaan. Masih nolak nih, makan durian? 🙁

6. Membuat Gula Darah Menjadi Stabil

Manfaat buah durian yang terakhir ini juga enggak kalah penting, Guys, yaitu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Buah durian ini memiliki indeks glikemik (Glycemic Index = GI) yang lebih rendah dibandingkan buah tropis lainnya. Jadi, semakin kecil angka indeks glikemik, makin sedikit pula dampak makanan tersebut terhadap kondisi gula darah.

Selain itu, durian juga mengandung mangan yang cukup untuk membantu pengaturan serta pemeliharaan kadar gula di dalam tubuh kita. 

Daging buah durian ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dalam variasi kuliner lainnya, seperti cake durian, kue kering, es teler, dll. untuk mendapatkan manfaatnya. (Sumber: Pixabay.com/SpencerWing)

Sungguh di luar dugaan saya, ternyata manfaat buah durian untuk kesehatan sangat banyak, ya? Kalau sudah begini, masihkah saya kukuh enggak mau makan buah ini? wkwkwkwk …. Hemmm, harus dicoba sedikit-sedikit nih pastinya. Berawal dari es durian aja dulu deh untuk membiasakan, baru perlahan beralih ke buahnya. 😀

Kamu sendiri tim apa, nih? Baru belajar makan buah durian seperti saya, atau sebaliknya, tim fanatik durian yang kalau makan durian juga sambil dicampur nasi? Heheheee …. Apa pun itu, semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca Juga

Spread the love

20 thoughts on “Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Sungguh di Luar Dugaan”

  1. Aku awalnya nggak suka, Mbak. Baunya itu bikin pusing. Eh, penasaran karena sering diledeki…akhirnya doyan pakai banget. ❤

  2. Saya kalau mencium bau buah durian itu perut langsung mual. Ternyata dibalik aromanya yang menyengat tersimpan manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan. Wah sepertinya saya harus mulai belajar untuk menyukai buah ini. Makasih ya kak atas sharingnya…

  3. Dengan manfaatnya yang besar diatas pantas kalau buah Durian dijadikan buah termahal di dunia. Rugi banget orang yang gak suka dengan durian. Manfaat yang jarang dimiliki buah lain adalah yang menghasilkan hormon bahagia itu.

  4. Ha? Makan durian dicampur nasi? Beneran nih aku baru tau. Hahaha bisa aja yaa..
    Btw aku dulu gak mau durian, cium baunya aja mabok gitu rasanya. Eh pas udah nikah, karena suami suka makan durian, jadi mau juga aku, dan ikutan suka. Hahaha.
    Btw manfaatnya banyak juga yaa 🙂

  5. Suami doyan banget nih durian. Akunya engga doyan. Wkwkwk…
    Aku kasih liat ah artikel ini. Pasti dia kegirangan nih, ternyata manfaatnya buanyaaak…

  6. Dari dulu tuh aku gak suka durian mbak. Cuma seneng aroma nya aja. Minuman, kue, atau apapu yangr asa durian aku doyan.

    Tapi kalau makan duriannya langsung gak bisa. Langsung dilepehh 😂

  7. Kami suka buah durian. Waah baru tau sekarang loh fungsinya ternyata salah satunya bisa mencegah penuaan dini ya. Tapi banyak juga yang gak suka durian meski cuma cium aromanya bisa bikin mabok buat yang gak suka.

  8. Wah gawat ini kalau ketahuan istriku, bisa semakin kalap makan durian. Hehehe. Oh ya setuju banget tuh kalau Kalimantan penghasil durian. Mereka punya varietas durian yang bermacam-macam dan gak ada di pulau Jawa.

  9. wah ternyata buah durian banyak manfaatnya yaaaa.. salah satunya bisa untuk depresi ya? baru tau nih aku. makasi infonya yaaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.