5 Rekomendasi Aplikasi HR untuk Perusahaan

aplikasi hr
Rekomendasi aplikasi HR untuk perusahaan (image: Pexels)

Zaman ngantor dulu, saya pernah menjadi sekretaris dan bagian personalia di salah satu radio swasta. Meski tidak sekompleks divisi Human Resources Development atau HRD di perusahaan besar, bisa dibilang, pekerjaan saya banyakkkk banget. Mulai dari mengurus dokumen perusahaan, mempersiapkan tahap rekrutmen dan mewawancarai calon karyawan, sampai mengurusi masalah internal yang sepele, tetapi cukup bikin pusing. Contohnya, menjadi mediator perselisihan antar-karyawan. Wahhh … sampai sejauh itu, ya?

Yup! Tugas HRD memang kompleks. Di banyak perusahaan besar, tugas HRD tentunya lebih banyak lagi. Selain tugas di atas, masih banyak tugas lainnya, termasuk mengadakan tes psikotes untuk rekrutmen, sampai menghitung pajak penghasilan para karyawan.

Tentunya ini tidak mudah, ya, teman-teman, karena HRD dituntut melakukan kinerjanya dengan cepat dan akurat, sementara di sisi lain, tugas mereka sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja karyawan. Nah, untuk memudahkan tugas HRD ini, dibutuhkan aplikasi HR yang dapat menjadi solusi menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien, tanpa mengurangi kualitas.

Simpelnya, aplikasi HR adalah perangkat lunak yang akan membantu pekerjaan HRD, mulai dari merekap absensi, perhitungan gaji karyawan, sampai kepada penilaian kinerja. Dengan adanya aplikasi HR, diharapkan tim HRD dapat fokus secara mendalam terhadap tugas strategis mereka, salah satunya mengadakan tes psikotes untuk suksesi karyawan.

Lalu, apa saja, sih, rekomendasi aplikasi HR untuk perusahaan yang sebaiknya kamu tahu?

Aplikasi HR untuk Perusahaan

Gusto

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan dengan nama ZenPayroll di tahun 2012. Gusto memiliki klien lebih dari 200.000 perusahaan yang tersebar di seluruh dunia. Tahukah kamu bahwa produk yang ditawarkan Gusto ini berupa integritas sistem yang memudahkan penggajian karyawan, dengan dukungan tim ahli di belakangnya.

Gusto menawarkan bermacam-macam paket di dalam aplikasi ini. Ada Core untuk paket basic dengan layanan di aspek penggajian, Complete untuk paket tambahan, seperti rekrutmen dan manajemen aset, Concierge untuk cakupan layanan kebijakan atau regulasi
ketenagakerjaan, dan Select yang diperuntukkan bagi perusahaan yang membutuhkan sistem khusus, dengan dukungan  tambahan dari tim Gusto.

Sayangnya, walaupun paket yang ditawarkan aplikasi ini sangat beragam, harga yang ditawarkan oleh Gusto cukup mahal, khususnya bagi para perusahaan rintisan di Indonesia.

Namely

Namely berdiri pada tahun 2012 di Amerika Serikat. Namely menyediakan teknologi, data, dan dukungan yang dibutuhkan oleh para HRD profesional untuk membantu karyawan dan perusahaan lebih berkembang.

Sistem modern yang dikembangkan oleh Namely ini membantu menghemat waktu, mengurangi human error, dan membangun budaya perusahaan yang unggul. Paket yang disediakan oleh Namely disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing karena menurut Namely, setiap perusahaan memiliki masalah seputar SDM yang berbeda.

LinovHR

Nah, jika rekomendasi aplikasi sebelumnya berasal dari luar negeri, aplikasi yang satu ini berasal dari dalam negeri, lo, Gaes. LinovHR punya aplikasi HR yang dapat membantu pekerjaan HRD yang bersifat administratif, seperti penggajian bulanan, sampai tugas strategis, misalnya program suksesi.

Yang menjadi nilai plus bagi LinovHR adalah user interface-nya yang mudah dipahami dan kelengkapan fitur dalam aplikasi. LinovHR menawarkan paket yang terbagi menjadi Basic Edition, Profesional Package, dan Premise yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

BrightHR

Selanjutnya, ada BrightHR yang sudah berdiri sejak 2015 lalu. BrightHR tersebar di Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris dan Irlandia. Tak heran jika jumlah kliennya cukup banyak. Layanan yang ditawarkan oleh BrightHR juga cukup beragam, mulai dari pengelolaan gaji, penilaian kinerja, konsultasi hukum, dan masih banyak lagi.

BerniePortal

Di antara semua rekomendasi aplikasi HR di atas, BerniePortal bisa dibilang paling senior, nih! Berdiri pada tahun 2008, BerniePortal sudah melayani 5.000 klien dari berbagai industri. BerniePortal dapat mengotomatisasi seluruh pekerjaan HRD sehingga para HRD dapat fokus mengembangkan potensi karyawan dalam suatu perusahaan.

Kelebihannya, aplikasi BerniePortal ini menawarkan layanan gratis. Sayangnya, jumlah fiturnya terbatas banget. Jika menginginkan fitur yang lebih banyak, perusahaan dapat memilih paket Standar, Entreprise dan Plus, dengan fitur yang berbeda-beda.

Adanya aplikasi HR ini memang membuat pekerjaan HRD yang awalnya ribet menjadi lebih mudah dan praktis sehingga HRD punya waktu lebih banyak  untuk mengerjakan pekerjaan lain yang membutuhkan fokus mendalam. Jadi, tidak ada lagi istilah pusing kepala karena urusan manajemen karyawan seperti saya dulu. 😀

Baca Juga


rekomendasi aplikasi hr

Spread the love

27 thoughts on “5 Rekomendasi Aplikasi HR untuk Perusahaan”

  1. aplikasi HR sangat dibutuhkan untuk sebuah perusahaan, karena menilai dalam bentuk scoring dan sesuai dengan objektivitas, kinerja dalam bekerja

  2. Emang bener tuh kak. Kerjaan HRD ternyata banyak banget yak. Apalagi suka dinyinyirin ama pelamar kerja.

    Soalnya kadang sering bikin iklan lamaran pekerjaan tapi ngga pernah ada yg nyantol.

    Lha HRD pasti kebingungan tuh nerima banyak lamaran. Apalagi kl perusahaan gede. Pasti yg apply banyak.

    Dgn software2 yang disebutin di atas, kerjaan HRD pasti lebih gampang dan teratur. Utk ngurusin hal lain, jadi lbh mudah. Bukan berarti bisa berleha2 yak. Hehe..

  3. Dua yang bawah daku belum familiar, padahal ternyata BerniePortal udah lama ya. Haddeh, kurang jauh nih menjelejahnya.
    Tapi memang aplikasi HR ini sangat mendukung HRD biar lebih praktis

  4. Aplikasi-aplikasi HR seperti itu bisa juga buat lingkungan manajemen sekolah kali ya, Kak. Nanti saya rekomendasiin ke bagian tata usahanya. Harus cek dulu satu-satu ya, which one the best

  5. Penting banget aplikasi HR ini ya, membantu memudahkan kerja bagian HR sehingga bisa lebih cepat, dan cocok banget buat perusahaan yang memiliki tenaga kerja ribuan, kebayang kan kalau ngak pake aplikasi ini, kerja HR jadi lebih ribet dan butuh waktu lama buat nyelesainnya.

  6. Wah bisa nihh dicobainn yah, aku lagi belajar juga nih soal HR dan scoring kinerja gini. Siapa tahu besok2 bisaa bikin perusahaan sendiri, punya karyawan sendiri. Ilmu banget ini

  7. Jadi inget dulu tempatku kerja masih manual banget hahaha jadinya data nggak rapi dan butuh waktu lama juga buat nyarinya. Kalau pakai aplikasi kayak gini, pasti sangat memudahkan ya mbak, nggak buang waktu juga kan

  8. pusing tapi tetep seru ya mbak? aku juga punya temen anak HR dan suka curhat katanya njelimet kalau udah ngurusin kayak jadi mediator perselisihan antar-karyawan itu juga. hihi alhamdulillah ya makin makin aja sekarang teknologi memudahkan

  9. Di era disrupsi teknologi ini, semua hal memang bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan kecanggihan teknologi ya maaaak.. pastinya dengan rekomendasi aplikasi HRD di atas, kinerja HRD bisa makin lancar yaaa

  10. Aku baru tahu loo..kalau kerjaan HRD itu ternyata banyak dan sulit. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan, maka kinerja HRD akan semakin efisien dan lebih produktif.

  11. Sekarang ada aplikasi yang memudahkan tugas HR gini, tentunya akan sangat terbantu. Teknologi makin membuat hidup efektif dan efisien meski tidak serta merta menjadi mudah, tapi beginilah era new normal, harus siap dengan perubahan. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.