Jogja Airport Resto, Uniknya Wisata Kuliner di Dalam Kabin Pesawat

Unik dan megah. Itu kesan pertama yang saya tangkap ketika menginjakkan kaki di halaman Jogja Airport Resto. Tempat makan unik seluas kurang lebih 2 hektare yang di tengahnya terdapat 2 badan pesawat asli ini tampak begitu mencolok di tengah area persawahan yang terletak di jalan Kadirojo I, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Letaknya pun cukup dekat dengan Candi Sambisari dan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Jika kamu sedang berada di pusat kota Malioboro atau Tugu Yogya, perjalanan menuju Jogja Airport Resto ini dapat kamu tempuh dengan jarak kurang lebih 10 kilometer ke arah timur kota Yogyakarta, menuju Jl. Raya Yogya – Solo.

Interior Jogja Airport Resto

Begitu memasuki area parkir di halaman restoran ini, kamu akan langsung melihat badan pesawat asli yang dilukis dengan gambar berwarna-warni sehingga menarik mata pengunjung yang datang, terutama anak-anak. Ada 2 badan pesawat asli di halaman resto ini, yaitu di sebelah selatan dekat pintu masuk menuju parkiran dan di sebelah utara dekat Selokan Mataram.

By the way, Selokan Mataram adalah saluran berupa selokan yang berada di bagian utara Yogyakarta, memanjang dari arah barat ke timur.  Selokan ini dibangun pada masa penjajahan Jepang untuk membantu pengairan ratusan hektare sawah pada masa itu. Nah, Jogja Airport Resto ini terletak di pinggir selokan yang merupakan daerah strategis dan banyak dilalui oleh kendaraan bermotor.

Sebelum naik ke dalam restoran di kabin pesawat, layaknya penumpang di bandara yang sesungguhnya, kamu harus melalui pintu X-Ray terlebih dahulu dan melakukan pemesanan menu di meja Kasir yang dibuat sedemikian rupa seperti meja check in di bandara. Setelah melakukan pemesanan menu, pengunjung dapat langsung menaiki tangga yang telah disediakan untuk menuju lorong panjang (garbarata) yang seolah-olah menghubungkan gedung bandara dan kabin pesawat. Kamu boleh memilih ingin menaiki pesawat di sisi sebelah utara garbarata, atau pesawat satunya lagi yang terletak di sebelah selatan garbarata.

Pintu masuk menuju ruangan pemesanan menu. Mirip dengan pintu masuk bandara kan? Ada pintu pemeriksaan X-Ray segala (dok. pribadi)
Meja check in yang berfungsi sebagai meja pemesanan menu & meja kasir (dok. pribadi)
Lorong garbarata yang menghubungkan ruang pemesanan menu dengan kabin pesawat (dok. pribadi)

.

Seluruh area restoran ini jika diperhatikan tampak begitu sempurna dengan konsep lengkap seperti bandara yang sesungguhnya. Saat memasuki pintu pesawat, kamu akan disambut oleh staf pramugari dan dipersilakan masuk ke pesawat untuk memilih kursi yang kamu inginkan. Deretan kursi di sisi sebelah kiri dan kanan kabin tampak rapi dan mewah, dilengkapi dengan meja makan di tengah kursi yang saling berhadapan. Wow… angan-angan saya pun melayang, seperti sedang melakukan penerbangan beneran 😀

Berasa ada di pesawat jet pribadi ya heheee…. (dok. pribadi)

.

Selamat datang di kabin pesawat pribadi 🙂 (dok. pribadi)

Menu Makanan

Ini nih yang ditunggu-tunggu 😀 Apa saja menu makanan yang ada di resto ini?

Ternyata menunya cukup lengkap, lo, Guys, mulai dari menu lokal semacam tahu/tempe bacem, urap, sambal goreng,  sampai menu western berupa aneka pasta, kentang goreng, steak, dan sejenisnya. Agar lebih hemat, kamu dapat memesan makanan berupa paket untuk 4 orang terlebih dahulu seharga Rp 170.000,00 (sudah termasuk nasi, lauk, sayur, minuman) dan dapat dilanjutkan dengan menu ala carte (menu satuan) sesuai pilihan masing-masing. Harga makanan dan minuman ala carte dibandrol mulai harga Rp 20.000,00 ke atas dengan berbagai pilihan sajian, seperti Chicken Crispy Steak, Sup Gurameh, Sup Tomyam, dll. Untuk masalah cita rasa, tak perlu khawatir, karena makanan di sini rasanya endessss semua….

Paket makanan untuk 4 orang, sudah termasuk minuman. Kamu tinggal tambah pesanan satuan klo yang ini masih dirasa kurang (dok. pribadi)

.

Endessss….. (dok. pribadi)

Oya… pada saat makan pun kamu akan merasakan suasana seperti sedang naik pesawat beneran. Beberapa pelayan yang menggunakan seragam pramugari/pramugara sekali waktu akan berjalan di sepanjang koridor kabin pesawat. Efek audio berupa suara mesin pesawat tak lupa juga diperdengarkan agar pengunjung restoran merasa sedang terbang di antara awan dan bintang-bintang 😀 Pada saat tertentu, tak lupa dimunculkan pula suara mbak pramugari melalui speakerphone bahwa pesawat akan segera mendarat dan penumpang diminta mengenakan sabuk pengaman 🙂

Untuk kamu yang belum pernah naik pesawat, terutama anak-anak, tempat makan ini recommended sekali sebagai sarana latihan agar akrab dengan semua peralatan yang ada di kabin pesawat. Kamu dapat belajar menggunakan sabuk pengaman, mengecilkan/mematikan AC di atas kepala, mengetahui letak pintu darurat saat pesawat sedang bermasalah, dan belajar mengetahui bagian-bagian pesawat lainnya.

Pintu darurat. Anak-anak bisa belajar banyak hal di restoran ini (dok. pribadi)

Setelah selesai menyantap hidangan di kabin, pengunjung dipersilakan turun dari pintu bagian depan pesawat yang langsung terhubung dengan halaman dan taman di area Jogja Airport Resto ini. Jangan lupa ya, saat menuruni tangga, kamu dapat berswafoto sejenak di tangga turun pesawat sambil membayangkan pesawat itu adalah pesawat pribadimu. Hemmm…. sungguh pengalaman wisata kuliner yang unik dan menyenangkan.

Tangga turun pesawat (dok. pribadi)

Jadi, Kapan Kamu ke Jogja, Guys?

Jogja Airport Resto hanya salah satu bagian kecil dari banyaknya objek wisata yang dimilki kota Yogyakarta. Ragam keramahan dan kecantikan budayanya, masyarakatnya, kulinernya, wisata belanjanya, dan liburan murah meriahnya merupakan satu paket istimewa yang tak dapat dipisahkan dari kota ini. Sebagai destinasi tujuan wisata utama selain Bali, Yogyakarta terus berbenah diri dengan semakin banyaknya masyarakat pendatang dari luar kota. Baik dengan tujuan sekadar berwisata, atau tujuan mulia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, semuanya ada di kota ini.

Untuk kamu yang menginginkan akses mudah dan murah pemesanan tiket pesawat ke Yogyakarta, Pegipegi adalah tempatnya. Sejak 7 Mei 2012, Pegipegi berkomitmen menjadi sahabat yang menyenangkan bagi para traveler. Dengan koneksi lebih dari 25.000 rute penerbangan, hotel, serta lebih dari 2800 jadwal perjalanan kereta api, kamu dapat mengaksesnya dengan mudah lewat web Pegipegi.com, atau langsung dari aplikasi yang tersedia di smartphone.

Caranya simpel banget. Kamu tinggal klik link tiket pesawat ke Yogyakarta ini, lalu pilih kota asal dan kota tujuan keberangkatan. Masukkan tanggal keberangkatan (dan tanggal pulang sekaligus apabila kamu berniat memesan tiket PP). Terakhir, masukkan jumlah penumpang, lalu klik tulisan “Cari Tiket”. Daftar rute penerbangan, jam keberangkatan dan harga tiket akan muncul untuk kamu sesuaikan dengan jam keberangkatan dan budget yang dimiliki. Sangat mudah, bukan?

Masih bingung dan belum yakin memilih tanggal keberangkatan? Tak perlu khawatir, karena Pegipegi menyediakan layanan Customer Service 24 jam yang dapat membantu mengatasi kesulitanmu. Tunggu apalagi? Kuyyy lah main dan liburan ke Jogja, Guys!

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.