Benarkah Investasi Apartemen Menguntungkan?

Salah satu ruangan di dalam apartemen (image: Pixabay.com)

Bukan rahasia lagi jika kebutuhan akan hunian semakin lama semakin meningkat, terutama di kota-kota besar. Masyarakat tidak lagi hanya sekadar memikirkan kesenangan sejenak, seperti makan enak dan jalan-jalan saja, tetapi sudah waktunya memikirkan perlunya memiliki hunian yang nyaman sebagai tempat berpulang, setelah seharian bekerja keras.

Hunian vertikal dengan bentuk bangunan yang naik ke atas dan tidak banyak menghabiskan lahan, seperti bentuk apartemen, tampaknya dapat menjadi pilihan, terutama untuk kamu yang tinggal dan bekerja di wilayah perkotaan. Banyaknya fasilitas umum yang terdapat di sekitar hunian vertikal ini merupakan daya tarik dan nilai tersendiri untuk calon pembeli apartemen dalam menjatuhkan pilihannya.

Di Jakarta Pusat, misalnya. Sebagai wilayah yang memiliki banyak pusat perkantoran, masyarakat cenderung memilih untuk membeli hunian kedua sebagai tempat transit agar mereka lebih dekat dengan lokasi pekerjaan dan juga fasilitas hiburan, seperti pusat perbelanjaan, olahraga, dan sarana rekreasi lainnya. Pasangan muda dan generasi milenial menjadi sasaran utama para pengembang untuk menjual apartemen di Jakarta Pusat, mulai kisaran harga ratusan juta, hingga apartemen mewah bernilai miliaran rupiah.

Demikian pula di wilayah Jakarta Selatan. Tanpa mengesampingkan nilai sektor properti lain, seperti rumah, tanah, dan sejenisnya, membeli apartemen dapat menjadi passive income bagi pemiliknya karena harga jualnya yang terus naik dari waktu ke waktu. Selain harga jual, menyewakan apartemen untuk jangka pendek harian atau bulanan juga dapat menjadi pilihan bagi para pemilik apartemen. Pihak pengembang yang menjual apartemen di Jakarta Selatan optimis permintaan akan apartemen terus meningkat karena adanya harga yang bervariasi dan bantuan pembiayaan secara kredit dari perbankan ataupun pengembang (Kompas.com, 13/4/2017).

Namun sebelum memutuskan membeli apartemen, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan, antara lain:

1. Lokasi

Pemilihan lokasi yang strategis cukup penting saat kamu memutuskan membeli apartemen. Ini dapat berpengaruh pada kenaikan harga di masa depan. Akses transportasi, akses fasilitas umum dan kemudahan menuju area apartemen adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan.

2. Lahan

Pastikan apartemen yang kamu beli memang berada di lahan milik pengembang, bukan lahan milik pemerintah atau pihak lainnya. Jangan sampai investasi berharga yang sudah kamu beli ini ternyata bermasalah dan masih menjadi sengketa oleh pihak ketiga.

3. Fasilitas Apartemen

Jangan lupa, perhatikan pula fasilitas yang ada di apartemen sebelum kamu memutuskan membelinya. Mulai akses keamanan, fasilitas olahraga, rekreasi, dan keuntungan lain yang dapat diperoleh pemilik apartemen. Semakin banyak fasilitas yang disediakan, semakin strategis lokasinya, maka semakin tinggi pula harga jual kepemilikan apartemen tersebut.

Bagaimana, kamu tertarik memilih apartemen sebagai salah satu bentuk investasi masa depan? Jika ya, jangan tunda lagi dan jangan lupa kenali terlebih dahulu 3 hal yang sebaiknya kamu perhatikan di atas sebelum memutuskan membeli salah satu apartemen yang memikat hatimu.

Baca Juga

Spread the love

31 thoughts on “Benarkah Investasi Apartemen Menguntungkan?”

  1. Kalau untuk dijakarta mungkin apartemen jadi salah satu pilihan buat hunian ya. Tapi kalau di kota lain yg masih banyak lahan, orang masih lebih milih buat beli rumah daripada apartemen. Termasuk saya hehe. Thanks infonya mba

  2. Setuju Mbak. Kebutuhan akan hunian layak semakin bertambah, seperti apartemen. Meskipun mahal, tapi tetap akan ada pembelianya, yang penting tempat dan fasilitasnya ok.

  3. Aku tertarik banget investasi di bidang properti. Tapi untuk saat ini belum niatan investasi apartment. Soalnya budgetnya belum mampu untuk itu. Jadi lebih pilih hunian rumah biasa dulu. Kemudian disewakan๐Ÿ™‚

  4. Di Bandung juga lagi banyak banget apartemen-apartemen baru, karena sekarang banyak yang lebih nyaman buat menjadikan apartemen sebagai hunian bahkan bisa jadi investasi ya Mbak, apalagi kalo lokasinya nyaman dan strategis dekat dengan pusat pendidikan, layanan kesehatan, pusat perbelanjaan, dsb. Makasih sharingnya Mbak ๐Ÿ™‚

  5. Kalau saya tinggal di kota besar macam Jakarta atau Surabaya, mungkin saya tertarik, Bund. Apartemen emang nge-hits sebagai hunian impian sekaligus investasi yg bagus.
    Kalau di Malang sini, investasinya kebanyakan sih rumah kost atau guest house karena di sini kota pelajar. Laris manis dan banyak dicari tuh kalau lokasinya dekat kampus.

  6. Beli apartemen untuk disewakan lagi memang menguntungkan. Apalagi jika kota tersebut pendatang luar negerinya juga banyak, bakalan cepat laku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.