Manfaat Minyak Zaitun, Bukan Sekadar Isapan Jempol Belaka

Pilih minyak zaitun yang ada tulisannya “extra virgin” ya, tanpa campuran apa pun

Minyak zaitun, pasti teman-teman sudah sering dengar, kan? Minyak zaitun ini dihasilkan dari buah zaitun (Olea europaea) yang banyak tumbuh di daerah Mediterania. Begitu besar manfaatnya, sampai Allah menyebutnya di dalam Alquran, pada ayat pertama Surat At Tiin.

Lucunya, meski sudah sering mendengar namanya, saya dulu tidak pernah tertarik membeli minyak zaitun untuk digunakan sendiri. Selain karena harganya yang lebih tinggi dari minyak biasa, waktu itu saya beranggapan bahwa minyak zaitun hanya dibutuhkan oleh mereka yang sedang memiliki penyakit tertentu, seperti kolesterol tinggi, jantung, dan diabetes. Ibu saya sendiri yang memang kadar kolesterolnya sering naik turun, pernah mencoba membeli minyak ini untuk digunakan menggoreng. Memang sih, minyak ini berbeda dengan minyak biasa. Hasil gorengan lebih kesat dan kering, enggak lonyoh atau basah seperti gorengan pada umumnya.

Setelah teman-teman GSM (Geng Salihah Menulis) membahas tentang manfaat zaitun ini, barulah saya mulai tertarik meliriknya. Ternyata bukan cuma untuk kolesterol, lho. Pegal-pegal, sakit sendi, penyumbatan pembuluh darah (stroke), antioksidan, antikanker dan untuk perawatan kecantikan, adalah begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh minyak ini. Bahkan, ada yang mengonsumsinya dengan cara diminum pakai sendok. Hiiiii…… Saya langsung begidik gimanaaa gitu bayanginnya. Apa enak, ya? Entahlah…. saya rasanya enggak pengen sama sekali. Lebih baik minum yang bentuk kapsul.

Sampailah pada beberapa hari yang lalu, waktu saya bertamu ke rumah seorang teman yang merupakan agen produk-produk herbal, beliau memberi saya sebotol mungil minyak zaitun (makasih yaa, mbak Anzilta 😀 ).

Awalnya jujur, enggak yakin mau minum minyak itu. Tapi saya pikir, nanti deh gampang, mau dipakai masak atau sebagai pelembab wajah kan bisa juga, enggak harus diminum. Dicoba aja dulu.

Ternyataa…. sampai di rumah, saya jadi penasaran, kayak apa sih rasanya? Mosok iya, minum jamu daun pepaya yang pahit aja saya lakoni, cuma minum sesendok makan minyak zaitun + air hangat aja takut? kwkwkwk… Akhirnya, siapin air hangat segelas, lalu tuangkan minyak zaitun ke sendok makan. Buka mulut, masukkan sendok, langsung telan, glekkkk!!! Buru-buru minum air hangat agar minyak segera larut. Udah. Enggak perlu bayangin dan mikir macam-macam. Suksesss deh 😀 Oalahhhh, sesimpel itu ternyata, Guys!

Nah, untuk kamu yang ingin mengonsumsinya juga dengan cara diminum, sebaiknya minumnya pagi hari, ya, saat perut masih kosong, atau malam hari menjelang tidur. Coba deh rutinkan aja, pasti ada manfaatnya. Terutama untuk kamu yang usianya sudah di atas 35 tahun, bagus banget untuk mencegah berbagai penyakit yang mulai datang “bersahabat” di rentang usia tersebut.

Setelah kepo rasanya minum minyak zaitun, hari ini saya penasaran mencoba minyak zaitun untuk manfaat lainnya, yaitu perawatan kulit. Habis mandi pagi, saya coba oleskan minyak zaitun pada beberapa titik kulit wajah dan memijatnya dengan gerakan memutar ke atas perlahan-lahan. Lakukan merata di seluruh bagian wajah dan lehermu, ya, termasuk area sekitar mata. Wihh takjub dehhh, minyaknya langsung meresap dan kulit pun terasa halus dan kenyal. Ealahhh….. ke mana aja saya selama ini, baru nyoba minyak zaitun sekarang.

Gimana, kamu berniat nyoba juga? Ternyata, bahan-bahan alami yang Allah sebutkan di Alquran, seperti kurma, buah tin, buah zaitun, dan madu, benar-benar memiliki khasiat nyata. Pantas saja mereka yang hidup di negara-negara Mediterania seperti Turki, Italia, Spanyol, Pakistan jarang sekali dilaporkan menderita penyakit berat semacam kanker, jantung, dan semacamnya.

Nah, kamu enggak perlu bingung lagi ya sekarang, karena semua yang ada di alam memang Allah sediakan untuk kelangsungan hidup manusia. Tapi kita sendiri yang terkadang lupa untuk menyadarinya. Betul, kan? 🙂

Barakallahu fiikum….

#SETIP_Day10 #SemingguTigaPostingan #EstrilookCommunity

Spread the love

36 thoughts on “Manfaat Minyak Zaitun, Bukan Sekadar Isapan Jempol Belaka”

  1. Masya Allah…memang luar biasa manfaat minyak ini. Saya juga rutin menggunakannya Mbak, terutama untuk kecantikan dan message. Belum pernah nyoba mengonsumsinya dgn diminum. Insya Allah akan dilakukan untuk menjaga kesehatan🤗

  2. Setuju banget nih. Dulu waktu hamil, saya selalu minum sari kurma dan minyak zaitun mbak. Alhamdulillah lancar, cuma 2 jam sejak mules-mules sampai lahir. Masya Allah, memang apapun yang Allah sediakan di alam sudah sesuai dengan kebutuhan hambaNya.

  3. Saya pernah minum minyak zaitun sampai beberapa hari, gak begitu terasa sih ada perubahan apa, karena saya gak ngerasa2in.
    Waktu teman ngeliat saya minum minyak ini pada bergidik juga mba, mereka bilang saya aneh. Minyak kok diminum.
    Setelah saya kasih tau kalo minyak zaitun banyak manfaatnya, mereka baru ngeuh. Ikut minum juga tapi yang udah dikapsul. Hihi.

    Next kayaknya saya mau coba dipake buat masak. Pengen tau rasa dan hasil gorengannya. ^^

  4. Dulu minyak zaitun aku gunakan utk melembabkan kulit. Dan semenjak suka masak baru tahu ternyata ada juga minyak zaitun utk masak. Dan ternyata harganya gk murah. tp pasti akan di coba.

  5. siap mbak, makasih sharing pengalaman minum minyak zaitunnya mbak. aku juga belum merasakannya , baru pernah coba minum yg VCO aja hehehehe (itu juga rasanya gak ilang-ilang di ujung lidahnya)

  6. Sebetulnya saya sudaj beli olive oil sebotol
    Yg katanya mmg bisa buat obat kolesterol
    Tp ya itu.. Mau minumnya kok segan hehe
    Coba deh bsk ikutan mba Hastin 🙂

  7. Kalau pakai kapsul isinya seuprit, Bun. Jujur saja meski saya sering menyuruh anak-anak minum, tapi sayanya belum sanggup minum rutin..haha. kadang abis nelen zaitun buru2 minum madu..

  8. Masya Allah, baru kerasa banget pentingnya menjaga pola hidup sehat pas lagi sakit kayak gini. Dan, rasanya harus banget nih memulai hidup sehat sejak sekarang. Mengingat, usia makin bertambah dan lama kelamaan fungsi organ tubuh juga akan makin menurun.

    Bermanfaat banget mba, saya jadi pengen cobain biasakan minum minta zaitun tiap pagi. Thanks ya mbaa

  9. Liat gambar minyak zaitun di atas langsung ingat pernah konsumsi tapi untuk perawatan kulit saja. Nggak pernah coba minum, cos cium baunya aja udah eneg duluan. Eh tapi malah minyak zaitun orang EVOO ini sering saya campurkan sebagai lemak tambahan MPASI si Kecil. Emang manfaatnya banyak banget ya mbak:)

  10. Bener banget, Bun. Manfaatnya emang sebanyak itu. Tapiii saya jadi kesentil nih karena udah lama gak konsumsi, hihi. Dulu pas hamil mah jadi suplemen saya sehari-hari. Iyes, glek aja trus disusul dengan air hangat.

  11. Pernah sodara ada yang kena penyakit kulit gitu ampe bersisik kering diolesin terus minyak zaitun alhamdulillah mbak sembuh. Bener-bener minyak zaitun ini banyak banget manfaatnya

Tinggalkan Balasan ke Tatiek Purwanti Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.