3 Kuliner Yogyakarta Favorit Saya

Bicara tentang makanan, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas kulinernya masing-masing. Yogyakarta sendiri sebagai Kota Budaya dan Pelajar memiliki banyak variasi kuliner, baik yang benar-benar asli khas Yogya, maupun sudah bercampur dengan kuliner khas daerah lain di sekitarnya, seperti Magelang, Klaten, atau Solo.

Tapi kali ini saya enggak akan menulis atau membahas topik tentang Gudeg, makanan khas Yogyakarta yang paling dicari-cari kalau wisatawan datang ke sini. Bukan pula membahas soal si manis gurih Bakpia, yang telah menjadi primadona. Saya hanya akan menulis tentang tiga macam kuliner ringan yang menjadi favorit saya di kota ini. Apa sajakah itu? Dan kenapa saya sukaaaa banget dengan mereka? Sepertinya teman-teman perlu tahu juga, lho, karena bukan enggak mungkin setelah membaca dan melihat fotonya kamu makin tertarik buat datang ke Yogyakarta. Yahh…. endorse lagi nih, ya, hehheheee….

Rujak Es Krim

Sensasi pedasnya cabai dan dingin serta lembutnya es krim cuma ada dalam Rujak Es Krim

Entahlah, apakah jenis kuliner ini merupakan asli Yogya atau bukan. Tapi yang jelas, perpaduan antara bumbu rujak yang pedas dan dinginnya es krim telah berhasil meluluhlantakkan hatiku.

Oya, sebelumnya kamu perlu tahu dulu bahwa ada perbedaan antara istilah RUJAK dan LOTIS di Yogyakarta. Rujak adalah sajian buah yang diparut atau dicacah kecil-kecil, kemudian dicampur/diaduk menggunakan bumbu rujak seperti biasanya. Sedangkan lotis adalah sajian buah yang dipotong besar-besar (bukan diparut), kemudian cara makannya dicocol dengan bumbu rujak. Sedikit berbeda mungkin, ya, dengan daerah lain. Jadi kalau kamu ke sini dan bilang pengen makan rujak, orang akan berpikir kamu ingin makan buah yang penyajian buahnya dengan cara diparut dan dicampur bumbu. Kalau ingin makan sajian buah yang dipotong dengan ukuran besar-besar, kamu harus bilang ingin makan “lotis”, bukan rujak. Mudah-mudahan paham dan enggak bingung, ya!

Nah, kalau kuliner Rujak es Krim ini, setelah buahnya diparut dan dicampur bumbu, kemudian atasnya dikasih topping es krim 1-2 scoop. Di sinilah letak seninya. Pada saat es krim mencair, dinginnya cairan es krim dan pedasnya cabai dari bumbu rujak akan memunculkan sensasi unik, suegeerrr tapi juga puedesssss, Guys! Enggak usah dibayangin, langsung aja kamu cobain. Deal?

Lotek

Selain uueenaaakk, sajian Lotek ini juga sehat karena bahan utamanya sayur semua.
Image : Travelingyuk.com

Enggak kalah sehat dari Rujak Es Krim, sajian kuliner satu ini yang mirip dengan pecel dijamin bikin pencernaanmu makin lancar. Campuran antara rebusan bayam, kacang panjang, irisan tipis kubis, potongan bakwan goreng atau tahu bacem, kemudian semuanya diublek alias dicampur di atas cobek dengan bumbu kacang Lotek yang mirip bumbu pecel, kemudian atasnya ditaburi bawang goreng. Hemmmm….. aromanya langsung tercium dan nafsu makan pun meningkat seketika.

Bumbu Lotek ini mirip bumbu pecel, tapi sedikit berbeda. Selain menggunakan kacang tanah, cabai, gula merah, garam, dan bawang putih, ada tambahan kencur dan daun jeruk sebagai aroma khasnya. Setiap ada pembeli, bumbu Lotek akan langsung diulek saat itu juga, kemudian dicampur dengan aneka sayuran tadi.

Sop Buah

Duuhhhh…. kalau lagi puasa jangan lihat yang beginian, ya hehheee…
Image : Travelingyuk.com

Nahh, ketemu lagi dengan yang segar-segar, nih! Apaan sih, kok ada Sop Buah? Bukannya sop itu biasanya sayuran, bukan buah? Iya, sebenarnya mirip kok dengan sop sayuran, bedanya, sayurannya diganti buah. Kuah supnya merupakan perpaduan antara air, sirup, dan susu kental manis, ditambah es. Nyesssssssssss…..!!

Sop Buah ini isinya lebih simpel dan sederhana daripada es campur. Potong-potong kecil seukuran dadu buah yang kamu sukai, boleh apel, stroberi, mangga, jeruk, buah naga, dll, lalu beri sirup dan air biasa, terakhir taburi susu kental manis dan es batu atau es serut. Wuihhh, enggak perlu pakai santan, rasanya udah suegerrrr banget, apalagi kalau pas lagi puasa, bayanginnya aja sudah bikin meleleh pengen segera berbuka qiqiqiiii….. jangan yakk, dosa, tauk!

Tiga kuliner sehat di atas rasanya enggak pernah bosan saya santap. Ternyata yang namanya kuliner favorit enggak harus selalu makanan yang berat-berat, kan? Makanan dan minuman ringan gini aja bisa bikin hati senang dan mood kembali muncul. Mungkin ini yang bikin saya enggak gemuk-gemuk, ya, karena makanannya kurang unsur lemaknya kwkwkwkkk….

Kalau bicara tentang keinginan, manusia memang enggak ada puasnya, ya! Yang penting selalu bersyukur aja man-teman, apapun yang ada pada dirimu, mau kurus atau gemuk, langsing atau berisi, tujuan utamanya adalah SEHAT, BAHAGIA dan BERLIMPAH REZEKI. Setuju, enggak?

#SETIP_Day4
#SemingguTigaPostingan
#Estrilook



Spread the love

70 thoughts on “3 Kuliner Yogyakarta Favorit Saya”

  1. Setujuuu… Tosss mbak Hastin, saya juga kurang asupan lemak nih, hehehe…
    Btw, waktu saya hamil anak pertama, pas mudik Jogja ngidamnya rujak es krim pakualaman, tapi gak kesampaian karena telat datang, dah habis,,, hwkwkwkkk…
    Nah, baca postingan ini jadi ngiler pengen rujak es krim, padahal belum hamil lagi,,, hayooo tanggung jawab mbak hastin kirimin rujak es krim, hihihi…

  2. Rujak es krim tuh favorit banget. Padahal saya gak begitu suka pedas. Tapi sensasinya itu loh, pedes manis dingin seger…hmmm jadi pengen icip lagi. Tapi di Sidoarjo gak ada yg jual. Hehe. Bikin sendiri ajah kali ya

  3. kok sayang sekali ya aku nggak ngerasain semua itu padahal kemarin di Jogja selama 5 hari, Mbak..yang paling bikin ngeces yang rujak es krimnya ituuu..kayaknya enak abis. Aku di Jogja nyobainnya Preksu, Tempoe Gelato gitu mbak

  4. An outstanding share! I have just forwarded this onto a coworker
    who had been doing a little research on this. And he in fact bought me lunch simply because I discovered
    it for him… lol. So allow me to reword this….
    Thank YOU for the meal!! But yeah, thanx for spending time to discuss this subject here on your web page.

  5. Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a
    blog web site? The account aided me a acceptable deal.
    I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered bright clear concept

  6. Hi there would you mind stating which blog platform you’re using?
    I’m going to start my own blog soon but I’m having a hard time
    making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and
    Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking
    for something completely unique. P.S Sorry for getting off-topic
    but I had to ask!

  7. First off I want to say awesome blog! I had a quick question which I’d like to ask if you don’t mind.
    I was curious to find out how you center yourself and clear your head prior to writing.
    I’ve had trouble clearing my thoughts in getting my thoughts out there.
    I truly do enjoy writing but it just seems like the first 10
    to 15 minutes are usually wasted just trying to figure out how
    to begin. Any recommendations or tips? Cheers!

  8. Please let me know if you’re looking for a writer for your site.
    You have some really good articles and I think I would
    be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some content for your blog
    in exchange for a link back to mine. Please send me an e-mail if interested.
    Kudos!

  9. Nice post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon every day.
    It’s always useful to read through content
    from other writers and practice a little something from
    their sites.

  10. I’m no longer positive the place you are getting your info, however great topic.
    I needs to spend a while learning much more or understanding more.
    Thank you for magnificent info I was in search
    of this info for my mission.

  11. I am curious to find out what blog platform you are working with?
    I’m experiencing some minor security issues with my latest site and I
    would like to find something more safeguarded. Do you have any solutions?

  12. Nice weblog here! Additionally your web site rather a lot up
    fast! What host are you using? Can I am getting your associate link for your host?
    I want my web site loaded up as fast as yours lol

  13. Hmm it appears like your blog ate my first comment (it was super long) so
    I guess I’ll just sum it up what I had written and say,
    I’m thoroughly enjoying your blog. I too am an aspiring blog blogger but I’m still new to the whole thing.
    Do you have any helpful hints for first-time blog writers?
    I’d really appreciate it.

  14. Pretty great post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I’ve truly loved surfing around your weblog
    posts. After all I will be subscribing on your feed and I hope you
    write again soon!

  15. Simply wish to say your article is as astonishing.
    The clearness in your post is just nice and i could assume you
    are an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your RSS feed to keep up to date with
    forthcoming post. Thanks a million and please carry on the gratifying work.

  16. It is the best time to make some plans for the future and it’s
    time to be happy. I’ve read this post and if I could I want to suggest
    you some interesting things or tips. Perhaps you could write
    next articles referring to this article.

    I wish to read more things about it!

  17. This is the perfect site for everyone who
    hopes to find out about this topic. You know a whole lot its almost hard to argue with you (not that I actually will need toHaHa).
    You certainly put a new spin on a topic which
    has been discussed for ages. Wonderful stuff, just excellent!

Tinggalkan Balasan ke Nyk note Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.