Inilah Hamba Allah yang Doanya Mudah Dikabulkan

Setiap manusia pasti menginginkan doanya terkabul. Namun tidak semua langsung dikabulkan oleh Allah Swt saat itu juga, mengingat apa yang kita inginkan dan impikan belum tentu sesuai pula dengan apa yang kita butuhkan. 

Adakalanya doa yang kita panjatkan ditunda oleh Allah Swt, atau diganti dengan sesuatu yang lebih baik, karena hanya Allah sajalah satu-satunya Dzat yang mengerti kebaikan apa saja yang harus kita terima.

Meski demikian, ternyata ada diantara hamba-hamba yang bermunajat kepada-Nya yang Allah berikan “keistimewaan” agar doanya cepat terkabul. 

Siapa sajakah mereka? Apakah engkau termasuk di dalamnya?

.

.

1. Doa orang yang terdzolimi

Orang yang terdzalimi dan tersakiti adalah mereka yang jaraknya sangat dekat dengan Allah. Sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw pernah bersabda,

“Serta takutlah kepada doa orang yang terdzalimi, sesungguhnya tak ada hijab antara do’anya dengan Allah (doanya terkabul)”

Karena itu di dalam pergaulan dan hubungan dengan manusia berhati-hatilah. Kita tak akan pernah mungkin ada doa dari orang lain yang pernah kita sakiti, baik sengaja mau pun tidak, yang akan dikabulkan oleh-Nya.

2. Doa orang yang terkena musibah

Orang yang sangat membutuhkan dan dalam kesulitan menjadi hamba yang Allah janjikan dimudahkan tercapai doanya. Janji itu termuat dalam QS. An Naml ayat 62,

“…Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada Tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya)”

3. Doa orang tua terhadap anaknya

Jika engkau masih memiliki orang tua, berbaik-baiklah dengan mereka. Tidak ada satu pun rasa kehilangan yang lebih menyedihkan selain kehilangan sosok orang tua yang amat kita sayangi. Doa orang tua adalah salah satu doa yang Allah janjikan sangat mustajab, terutama doa seorang ibu. 

Rasulullah Saw pernah bersabda dalam hadist riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, dari Abu Hurairah, 

“Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya; doanya orangtua (maksudnya untuk anaknya), doanya seorang musafir, dan doanya orang yang terdzalimi.”

4. Doa orang yang berpuasa

Apabila engkau sedang berpuasa, baik saum wajib maupun sunnah, jangan lupa untuk bermunajat secara khusyuk, karena doa orang yang sedang berpuasa adalah salah satu doa yang mudah dikabulkan. Waktu utama bermunajat yang sangat dianjurkan adalah ketika kita dalam keadaan menjelang berbuka.

Dari Imam Tirmidzi diriwayatkan, 

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat…”

5. Doa orang yang berbuat kebaikan

Diriwayatkan oleh Tirmidzi, 

“Tidaklah seseorang berdoa kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan apa-apa yang dimintanya atau mencegah darinya keburukan yang akan menimpanya dan setara dengan apa yang dimintanya, selama dia tidak meminta untuk suatu perbuatan dosa atau memutus silaturrahim…”

Karena doa orang yang berbuat kebaikan merupakan salah satu doa yang mudah dikabulkan Allah, jangan pernah lelah untuk terus menebar kebaikan. Percayalah, ada pahala yang akan terus mengalir di sisi-Nya apabila kita dapat menjadi insan yang selalu menebar manfaat, terutama menularkan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki kepada orang banyak.

Semoga Allah Swt senantiasa menjaga dan melindungi kita dari keburukan dan godaan syaitan. Menjadikan kita sebagai hamba yang istiqomah dan memiliki kekuatan iman untuk tetap berdiri tegak di jalan-Nya.

💙💛💚

#ODOP #EstrilookCommunity #Day5

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.