Kalimat Motivasi Ini untukmu yang Merasa “I Am Nothing”

Manusia diberikan nikmat lebih tinggi daripada makhluk hidup lainnya dalam hal karunia akal dan pikiran. Hal inilah yang mampu mengontrol kehidupan kita dan sejatinya menghindarkan kita dari keadaan mendzolimi diri sendiri.

Apakah kau tahu arti mendzolimi diri? Ya, segala hal yang berkaitan dengan penurunan nilai-nilai positif kualitas diri termasuk dalam kategori ini. 

Menganggap diri tak berguna dan tidak memiliki kelebihan sama sekali. Selalu pesimis dan tak tahu bagaimana caranya menggali potensi agar menumbuhkan rasa percaya diri. Dan sederet rasa I am nothing lainnya.

Apa saja yang dapat kau lakukan untuk meminimalisir rasa tersebut?

Benahi bagian “dalam” terlebih dahulu

Perbaikan kualitas diri hendaknya dilakukan dari dalam ke luar, Maksudnya, lakukan perbaikan dari pola hidupmu sendiri terlebih dahulu, seperti pola makan, pola istirahat, waktu untuk beribadah, bekerja, belajar, dan sebagainya.

Kurangi kegiatan tidak penting yang dapat mempengaruhi menumpuknya sampah pada pikiranmu, salah satunya seperti penggunaan gadget yang berlebihan (untuk hal yang tidak perlu). Kecuali pekerjaan atau bisnismu memang menuntutmu untuk harus selalu menggunakan gadget.

Jangan pernah berhenti belajar dan mengisi “gelasmu” dengan air yang baru. Kehidupan adalah sekolah yang tiada pernah usai. Selalu kosongkan gelasmu dan rendahkan hatimu agar dapat terus menerima ilmu baru tanpa pernah merasa digurui.

Move on dari masa lalu

Setiap orang pasti memiliki kenangan masa lalu, baik yang menyenangkan maupun menyedihkan. Apabila tak berhati-hati mengelolanya, engkau akan terperangkap dalam ikatan penyesalan, atau sebaliknya, dalam euforia kebahagiaan masa lalu yang tak berkesudahan. Padahal kita hidup di masa sekarang dan masa depan, bukan pada masa lalu. Perlu mulai memastikan target untuk masa depan, bukan hanya terjebak pada zona nyaman masa lalu.

Fokus pada kelebihanmu

Tak perlu ragu. Percayalah, kita semua pasti punya kelebihan. Jika belum merasakan hal itu, bisa jadi karena engkau belum menemukan potensimu sebenarnya. Coba tanyakan 2 hal ini pada dirimu :

  • Apa kegiatan/hobi yang kau sukai dan rela tak dibayar sekalipun saat mengerjakannya?
  • Apakah engkau lebih nyaman dalam keramaian, atau sebaliknya, menyukai kesendirian dan jauh dari publisitas?

Dua pertanyaan diatas cukup mampu membantumu menemukan kelebihan dirimu. Dari kelebihan ini engkau dapat mengembangkannya lagi menjadi aktivitas yang menghasilkan. Apabila kelak sudah berjalan pada jalurnya, kita dapat memfokuskan lagi bidang khusus apa yang ingin dipelajari dan ditekuni lebih dalam.

“Saya tidak takut kepada orang yang mempelajari 10.000 jurus sekaligus. Saya hanya takut kepada orang yang berlatih 1 jurus selama 10.000 kali…” (Bruce Lee)

Selamat berlatih dan menggenapkan 1 jurus dalam 10.000 jam terbang., karena hanya engkau yang bisa menemukan dan mengembangkan potensi dirimu. Orang lain hanya mampu memotivasi… 💕

💙💛💚

#ODOP #EstrilookCommunity #Day1

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.