Perbaiki Hidupmu dengan Cara Memperbaiki Pikiranmu

Sumber : brainwave.co.id

“Berhati-hatilah dengan pikiranmu..”

Pernah mendengar atau membaca kalimat ini?

Ya, tahukah engkau bahwa pikiran kita dapat menjadi SAHABAT atau sebaliknya, menjadi MUSUH bagi kita. Pikiran mungkin terlihat begitu sederhana, tak tampak dan terdefinisi oleh mata, namun ia dapat meluluhlantakkan kehidupan apabila engkau tak kuasa mengontrolnya.

Dikutip dari buku Unleash Your Inner Power with Zen : 50 Kisah Zen untuk Memaksimalkan Potensi Diri, tertulis kalimat berikut

“Berhati-hatilah dengan pikiranmu, karena ia akan menjadi ucapanmu; Berhati-hatilah dengan ucapanmu karena ia akan menjadi tindakanmu; Berhati-hatilah dengan tindakanmu karena ia akan menjadi kebiasaanmu; Berhati-hatilah dengan kebiasaanmu karena ia akan menjadi karaktermu dan; Berhati-hatilah dengan karaktermu karena ia akan menjadi takdirmu..”

Jelaslah bahwa berawal dari pikiran dapat menjelma menjadi sebuah keniscayaan. Menjadi ucapan, tindakan, kebiasaan, karakter, dan akhirnya menjadi sebuah takdir. Sungguh luar biasa, bukan?

Sayangnya, banyak yang belum menyadari bahwa begitu penting untuk membangun sebuah kesadaran dan kekuatan diri yang berasal dari pikiran. Begitu banyak orang yang mengejar sesuatu di luar yang tampak sebagai sebuah materi riil dan dapat digenggam, namun mereka melupakan pembentukan kekuatan yang justru berasal dari dalam diri masing-masing.

Membiasakan diri untuk berpikir BISA, MAMPU, NYAMAN, BERLIMPAH, dan aneka pikiran positif lainnya memang tidak mudah. Perlu proses dan waktu tak sebentar untuk membentuknya. Ibarat seorang bayi, sejak lahir tidak dapat berjalan, sampai akhirnya ia dapat merangkak, berdiri dan kemudian berlari. Apakah engkau pernah lihat si bayi bosan untuk belajar berjalan? Tidak.

Mungkin ia akan menangis sebentar saat terjatuh. Tapi lihatlah, ia akan bangkit kembali dan mengulangi targetnya agar dapat segera berjalan dan berlari. Karena dengan kemampuan berjalan dan berlari ia dapat mandiri menjalani hari-hari bermainnya sendiri. Tanpa tergantung pada orang tua. Tanpa tergantung pada tuntunan orang lain, karena hidup ini sepenuhnya miliknya dan milik Sang Pencipta tentu saja.

Jadi, masihkah enggan memperbaharui pola pikir kita? Masihkah enggan mengisi energi batin kita? Padahal kenyamanan batinmu akan memancarkan seberkas sinar bagi orang-orang di sekelilingmu. Mari bantu dan biarkan mereka tertular oleh virus bahagiamu… ๐Ÿ’•

๐Ÿ’œ๐Ÿ’›๐Ÿ’š

Festival Kuliner Dunia 2018 di JEC Yogyakarta, Bukan Sekadar Ajang Berburu Kuliner, Dears

Pernah mendengar ungkapan, “Hidup untuk makan..” atau “Makan untuk hidup” ??
Kalau kamu pilih yang mana? ๐Ÿ˜Š
.
Hidup untuk makan, artinya seluruh tujuan hidup hanya difokuskan untuk makan saja. Sementara ungkapan makan untuk hidup ingin menjelaskan bahwa makanlah sekadarnya saja, asal bisa hidup dan berenergi, itu sudah cukup. Kalau soal mau pilih yang mana dari kedua ungkapan itu mah terserah kamu, apakah tahun 2019 mau ganti Presiden apa enggak #eehh wkwkwk ๐Ÿคฃ
.
Jadi begini teman-teman *mulai cerita nih โ˜บ
Pada hari Minggu tanggal 18 November kemarin kan tanggal merah ya, udah pada tau belommmmm??
*yaeelahhh ๐Ÿคฃ hahhhaaahaa, anak TK juga tau mah kalau soal ini
.
Sedari pagi my little princess Lubna sudah bangun, sudah mandi. Padahal biasanya kalau hari Minggu mandinya harus disuruh-suruh, jaranggg banget mau mandi pagi. Nah, ini ternyata ada udang di balik batu. Udangnya apalagi kalau bukan pengen diajak jalan-jalan. Katanya di Jogja Expo Centre ada festival kuliner dunia.
.
Wahhh… ibunya aja heran, ini anak dapat info darimana ada acara begituan. Jawabnya, “Ya iyalah aku tau, kan anak gaul zaman now…” *ibunya tepok jidat.
.
Singkat cerita, kami berangkat ke sana, tapi sore hari biar nggak panas selama di perjalanan. Sampai di sana ternyata ada 2 acaraย , yaitu Pameran Komputer dan Festival Kuliner Dunia. Untuk festival kuliner dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Selain mendapat tiket masuk, pengunjung juga diberi beberapa voucher diskon untuk pembelian aneka makanan dan minuman di booth festival.
.

20181118_164210
Dengan harga tiket 10.000 kita dapat kupon undian + aneka voucher diskon. Lumayan, kan?

.
.
Ada Lebih dari 100 Booth Kuliner
.
Begitu masuk ke dalam, kita disuguhi dengan beberapa booth untuk foto gratis para pengunjung. Ada yang bernuansa bunga sakura Jepang, ada pula balon udara Eropa. Puas foto-foto sebentar, kami lanjutkan masuk ke arena festival. Ternyata ada lebih dari 100 booth menjadi peserta di situ. Suasananya ramai, karena hiruk pikuk pengunjung bercampur dengan suara dentingan peralatan memasak dari stan kuliner yang ada.
.
Karena baru pertama kali mendatangi festival macam begini, kesempatan buat saya mengambil beberapa dokumentasi, terutama di stan kuliner bebakaran. Cara membakar yang unik dan disemprot cairan agar api membara banyak menarik perhatian para penikmat kuliner, terutama di booth yang menyajikan aneka varian sea food, macam cumi panggang, ikan bakar, dan semacamnya.
.

Exif_JPEG_420
Sate cumiii…. Siapa mauuu?

.
.

Exif_JPEG_420
Booth seafood. Cara membakarnya menarik perhatian pengunjung..

.
.
Selain stan bebakaran, yang juga tidak kalah banyak penikmatnya adalah street food dari Korea dan Jepang. Kalau Jepang sudah cukup paham deh saya kulinernya. Nah, kalau Korea memang belum pernah nyobain, cuma pernah baca ada makanan yang namanya Bulgogi. Tapi kemarin yang kami cobain namanya Tteokbokki.
.

Exif_JPEG_420
Tteokbokki, makanan Korea dari tepung beras

.
Tteokbokki ini semacam cemilan dari tepung beras yang dimasak dan disajikan dengan rasa pedas yang agak manis. Setelah matang di atasnya ditaburi potongan daun bawang dan wijen. Teksturnya kalau dikunyah agak kenyal, mirip cilok menurut saya. Lubna sih bilang enakkkk ๐Ÿ˜„ Kalau ibunya mending beli batagor atau siomay kali, yeee…
.
Oya, buat kamu yang nggak hobi makan aneh-aneh, di sini ada juga lho makanan asli Jawa macam gudeg, bakmi, oseng-oseng (tumis). Tapi memang nggak banyak sih. Ada satu stan kuliner Jawa yang lumayan lengkap, yang jualan sudah sepuh (lanjut usia). Mendadak suasana berasaย seperti di pasar tradisional dekat rumah, di mana banyak penjual kuliner asli Yogya yang masih sangat murah harganya.
.
Menjelang pulang, nggak lupa Lubna narik ibunya ke stan dessert dari berbagai negara. Saya nggak tahu nama makanannya apa. Pokoknya Lubna langsung tunjuk aja ๐Ÿ˜ Dengan harga Rp. 20.000, – kami dapat 3 macam kue dessert yang atasnya ditusuk bendera kecil sebagai pengenal asal dessert tersebut.
.
.
Ada Booth Foto, Panggung Hiburan, Stan Buku dan Mainan
.
Meskipun namanya festival kuliner, jangan dikira cuma makanan aja yang ada. Stan buku, mainan dan panggung hiburan tetap ada. Ada juga both foto yang saya ceritakan di awal tulisan tadi.
.

 

20181118_165413
Gak perlu jauh-jauh ke Jepang, di sini juga ada bunga sakura ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ

.

20181118_175952
Bayangin aja kamu lagi ada di Cappadocia Turki, yang banyak balon udaranya *ngarepdotcom ๐Ÿ˜

.
.
Nampaknya ini memang dibuat untuk menarik para pengunjung yang membawa anak. Dannnn benar aja, Lubna langsung merengek-rengek beli komik. Haiyyyaaaa…. sejak kapan transaksi beli komik terjadi di acara kuliner macam begini, hemmm….
.
Setelah berkeliling kurang lebih 2 jam akhirnya kami pulang. Sepanjang jalan little princess senyum-senyum terus. Happy banget dia karena berhasil membawa satu komik baru dari hasil perjalanan hari ini qiqiqiiii. Pastinya dia dapat satu pengalaman berharga yang bisa menjadi bahan imajinasinya menggambar komik, sekaligus untuk diceritakan pada teman-temannya. Ternyata banyak manfaatnya juga ya, bukan sekadar mengejar nafsu berburu makanan… ๐Ÿ˜‚ย ๐Ÿ’•
.
.
๐Ÿ’œ๐Ÿ’š๐Ÿ’›

Tetap Stylish dan Syar’i, Perhatikan Do’s n Dont’s Ini Saat Mengikuti Tren Busana Muslim Kekinian

Tumbennn bahas fashion, euyyย ๐Ÿ˜

Yup, udah tahu kan ya, perkembangan dalam dunia fashion muslim beberapa tahun terakhir ini memunculkan banyak desain busana muslim yang trendi dan kekinian. Hal ini menyiratkan bahwa busana muslim ternyataaa Alhamdulillah, kian digemari oleh masyarakat kita, khususnya para wanita. Aneka model hijab, gamis, dan variasi motifnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

.

images (3)
Image : eramuslim.com

.

Dikutip dari laman Hijab Yuk, pengertian hijab sebenarnya adalah penutup atau penghalang yang menutup sesuatu, sehingga tidak boleh dilihat orang lain. Penghalang itu bisa berupa tirai, tembok, atau pintu jika di rumah. Sedangkan jilbab merupakan bagian dari hijab. Jilbab adalah hijab yang menutupi tubuh.

Biar gak bingung, ringkasnya, jilbab adalah hijab (penutup) bagi wanita. Sedangkan hijab banyak ragamnya, termasuk salah satunya adalah jilbab.

Lalu bagaimanakah sebenarnya hijab (pakaian penutup) yang sesuai dengan syari’at dan tuntunan di dalam Al Qur’an? Berikut penulis kutip 3 diantaranya.
.
.
๐Ÿ Menutupi Seluruh Tubuh

Allah telah menjelaskan secara detil di dalam QS. Al Ahzab 59 :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang..”

Sesuai hadist Rasulullah Saw, aurat pada wanita muslim adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Adapun cadar adalah sunnah dan lebih baik jika memang ingin menggunakannya.
.
.
๐Ÿ Tidak Memperlihatkan Bentuk Tubuh

Termasuk dalam poin ini adalah pakaian yang ketat, tipis, dan kerudung yang membentuk gulungan rambut di bagian belakang kepala seperti punuk unta.

.

images (17)
Image : ayoberjilbab.com

.

Asma binti Abu Bakar telah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Rasulullah bersabda,

Wahai Asma, sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menzahirkan (menampakkan) anggota badannya kecuali pergelangan tangan dan wajah saja…โ€ (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lainnya Rasulullah Saw berkata,

Ada dua golongan penduduk neraka yang belum pernah aku lihat. Suatu kaum yang memiliki cemeti seperti ekor lembu untuk memecut manusia. dan para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, Berlenggak lenggok, kepala mereka seperti bonggol unta yang bergoyang-goyang. Wanita yang seperti itu tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium baunya, padahal bau wangi surga dapat tercium keharumannya dalam jarak yang sangat panjang dan jauh..” (HR. Muslim)

.

๐Ÿย Tidak Menyerupai Pakaian Laki-laki

Ibnu โ€˜Abbas r.a berkata :

“Rasulullah Saw melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.โ€ (HR. Al-Bukhari no. 5885, 6834)

.

images (5)
Image : picmog.com

.

Dalam masalah laki-laki menyerupai wanita ini, Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan :

โ€œAllah Subhanahu wa Taโ€™ala menciptakan laki-laki dan perempuan di mana masing-masingnya Dia berikan keistimewaan. Laki-laki berbeda dengan wanita dalam penciptaan, watak, kekuatan, agama dan selainnya. Wanita demikian pula berbeda dengan laki-laki. Siapa yang berusaha menjadikan laki-laki seperti wanita atau wanita seperti laki-laki, berarti ia telah menentang Allah dalam qudrah dan syariat-Nya, karena Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memiliki hikmah dalam apa yang diciptakan dan disyariatkan-Nya…”

Semoga bermanfaat ya, Dears informasi diatas. Saya pun hingga saat ini masih terus belajar dan belajar lagi, jauhhh dari kata sempurna.

Yuk, kita sama-sama terus upgrade diri, dan jangan lupa untuk mohon kekuatan agar tetapย istiqomah di jalan-Nya. ๐Ÿ’•

๐Ÿ’œ๐Ÿ’›๐Ÿ’š

 

Pahami 5 Tata Cara Ibadah Umroh Ini Agar Umrohmu Mabrur

Dears, ibadah umroh merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dilakukan oleh umat muslim, selain ibadah haji yang merupakan ibadah wajib.
.
Karena padatnya waktu tunggu umat muslim yang ingin berhaji, bahkan mencapai belasan tahun, banyak yang akhirnya mendahulukan ibadah umroh demi melepas kerinduan untuk bertamu ke Rumah-Nya.
.
Jika kamu termasukย salah satu orang yang beruntung dipanggil oleh-Nya, jangan lupa untuk melakukan persiapan diri dan belajar tata cara ibadah umroh yang benar. Berikut ini rangkuman tata cara ibadah umroh yang sebaiknya kamu pahami sebelum berangkat ke tanah suci :
.
.
1. Persiapan
.
.
textgram_1541639978
.
  • Pakaian ihrom
.
Hal pertama yang disiapkan adalah pakaian ihrom untuk beribadah selama berada di Baitullah. Pakaian ihrom pria berupa kain putih tanpa jahitan, sedangkan wanita lebih bebas, asal tak bermotif dan menutupi seluruh bagian tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan.
.
  • Membersihkan diri
.
Jika pakaian sudah siap, hal selanjutnya adalah membersihkan diri dengan cara mandi besar (mandi dengan cara menyiram seluruh tubuh dari atas kepala sampai ujung kaki). Bagi kaum pria bisa ditambah dengan mencukur kumis. Sedangkan wanita sebaiknya mengikat rambut secara rapi agar tidak ada helaian rambut yang muncul dari sela-sela kerudung yang digunakan.
.
.
2. Ihrom
.
Pengertian ihrom adalah kondisi saat jamaah dalam keadaan sudah “berniat” untuk melakukan umroh.
.
Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan saat berihrom :
.
Larangan bagi pria :
.
1. Memakai pakaian biasa (bukan pakaian ihrom)
2. Memakai sepatu yang menutup mata kaki
3. Memakai penutup kepala, seperti topi/peci, dan sejenisnya
.
Larangan bagi wanita :
.
1. Memakai sarung tangan
2. Memakai cadar
.
Larangan bagi pria dan wanita :
.
1. Memakai wewangian (kecuali yang telah digunakan sebelum ihrom)
2. Memotong kuku dan mencukur rambut
3. Berburu binatang
4. Menikah atau menikahkan, dan melamar wanita
5. Berhubungan suami isteri
6. Bertengkar
7. Memotong pohon di tanah harom
.
.
3. Thawaf
.
.
textgram_1541642629
.
.
Setelah berniat ihrom di tempat miqot (di masjid tertentu yang digunakan untuk berniat), yang dilakukan berikutnya adalah thawaf, yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak 7 putaran.
.
Thawaf termasuk dalam salah satu rukun umroh dan pelaksanaannya tidak boleh diwakilkan kepada siapa pun. Untuk jamaah yang tidak mampu mengelilingi ka’bah dengan berjalan kaki disediakan kursi roda dan petugas khusus untuk memudahkan pelaksanaan thawaf. Jadi kamu tidak perlu khawatir tidak dapat melakukan thawaf apabila sedang dalam kondisi tidak sehat, karena diperbolehkan menggunakan fasilitas penunjang yang memudahkan prosesi ini.
.
Yang perlu diperhatikan saat thawaf :
.
1. Suci dari hadats dan najis (bagi perempuan tidak sedang haid atau nifas)
2. Dilaksanakan di dalam wilayah Masjidil Haram
3. Posisi ka’bah berada di sebelah kiri
4. Dimulai dari arah sejajar dengan sudut Hajar Aswad dan diakhiri pula di rukun Hajar Aswad
.
Setelah selesai melakukan thawaf 7 putaran, kamu disunnahkan untuk melaksanakan sholat sunnah thawaf 2 rakaat di belakang Maqom Ibrahim, yang merupakan salah satu tempat mustajab untuk berdoa.
.
.
4. Sa’i
.
.
textgram_1541641806
.
.
Selesai melakukan thawaf, ibadah berikutnya adalah sa’i, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Diawali dari bukit Shafa dan diakhiri di bukit Marwah.
Sama dengan prosesi thawaf, ibadah sa’i adalah salah satu rukun umroh yang tidak boleh ditinggalkan atau diwakilkan oleh orang lain.
.
.
5. Tahalul
.
.

images (13)
Image : antarafoto.com

.
.
Tahalul adalah tahapan terakhir dari rangkaian ibadah umroh, yaitu mencukur rambut minimal 3 helai. Setelah selesai tahalul maka selesai pula prosesi ibadah umroh. Ini artinya seluruh larangan saat ihrom sudah tidak berlaku lagi.
.
.
5 tata cara ibadah umroh ini sebaiknyaย kamu pelajari sebelum berangkat ke Baitullah, ya Dears,ย agar ibadahmu lancar. Teriring doa semoga ibadah umrohmu mabrur dan penuh keberkahan dari Allah Swt.
.
Untuk kamu yang belum mampu menjalankan ibadah ini tetaplah semangat berdoa, ikhtiar dan terus niatkan agar Allah Swt mampukan dan izinkan ke rumah-Nya.
.
Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin ๐Ÿ’•
.
.
Baca juga tulisan tentang kota Madinahย di sini
.
.
๐Ÿ’œ๐Ÿ’›๐Ÿ’š

Tragedi Lion Air JT-610, Antara Cinta, Cita dan Keprihatinan

Satu minggu terakhir….
.
Pemberitaan media begitu sarat dengan tragedi kecelakaan si burung besi Lion Air JT 610 tujuan Jakarta – Pangkal Pinang, yang jatuh di perairan Karawang pada tanggal 29 Oktober 2018 lalu.
.
Pemberitaan ini bahkan mengalahkan berita utama di negeri ini, tentang musibah besar gempa dan tsunami Palu dan Donggala, yang lagi-lagi menjadi musibah ke sekian setelah peristiwa gempa Lombok sekitar 3 bulan yang lalu.
.
Ah, negeriku…
Ada apa dengan dirimu??
.
Bahkan seribu satu pro dan kontra di sosial media takkan mampu mencari tahu apa sebenarnya yang Dia rencanakan di balik semua kejadian ini.
.
.
20181105_011458_0001~01~01~01
.
Kembali pada tragedi jatuhnya pesawat Lion Air…
.
Ingatanku seolah melayang pada masa puluhan tahun silam…
Pada masa kecil dimana naik pesawat masih menjadi sesuatu yang eksklusif, dan beruntungnya, aku telah diberi kenikmatan untuk merasakannya.
.
Bouraq, Merpati, dan tentu saja sang pelopor penerbangan Garuda Indonesia,ย  adalah sederet nama maskapai yang sangat berjaya pada masa itu.
.
Tiga maskapai tersebut memberikan pelayanan yang istimewa dan sungguh memuaskan. Pilihan makanan dan minuman tersaji lengkap beserta kemasannya yang tampil ekslusif bak suvenir pernikahan. Ah, kenapa tak ada satu pun yang sempat aku dokumentasikan, ya? Betapa sesal kemudian serasa tak berguna.
.
Harga tiket pesawat pada era 80-90an itu mungkin tak ada yang diobral seperti zaman now. Tak ada istilah tiket promo, atau rebutan kursi promo.
.
Bahkan aku ingat, saat berusia 6 tahun, almarhum Bapak pernah mengatakan usiaku masih 5 tahun kepada petugas saat membeli tiket di loket. Tidak lain tidak bukan agar aku boleh duduk di pangkuan Bapak, tanpa harus membeli kursi sendiri. Lumayan bisa menghemat satu orang kan? ^^ Hemm…. ide yang cerdas…
.
Di masa itu jarang sekali ku dengar ada kecelakaan pesawat. Maka ketika tiket pesawat di masa kini semakin banyak diobral, seiring munculnya begitu banyak maskapai baru, dan impian naik pesawat telah menjadi kisah nyata milik semua orang, kenapa justru begitu banyak tragedi kecelakaan mengiringinya?
Bukankah seharusnya segalanya menjadi lebih baik?
.
Alat, sistem, fasilitas, kinerja, dan SDM seharusnya menjadi lebih rapi dan teratur seiring berkembangnya segala kemudahan yang ada.
.
Ahh…. teori dan asal bicara memang terlalu mudah diucapkan, yaย Dearsย ๐Ÿ˜
Siapa lah aku yang hanya seorang penumpang, yang saat ini hanya mampu menekan keypad di smartphoneย untuk sekadar menuliskan sepenggal opini berbasis masa lalu ini.
.
Kalau diizinkan bicara, aku hanya ingin mengatakan bahwa sesungguhnya aku mencintai langit, pesawat, dan segala hal berbau angkasa.
.
Cita-citaku dulu ingin menjadi seorang Pramugari dan Astronot. Entah apakah aku cukup cantik atau tidak saat itu heehhee…. tapi terlalu sering melihat mbak-mbak cantik itu di pesawat membuatku ingin menjadi seperti mereka. Sedangkan pilihan menjadi Astonot terpatri di dalam hati, lantaran saat itu sedang booming pemberitaan tentang calon Astronot pertama Indonesia bernama Dr. Pratiwi Sudharmono.
.
Bukankah nama kami sama-sama Pratiwi? Siapa tahu keberuntungan juga memihakku? ๐Ÿ˜…
.
.
Namun, ketika akhirnya masa remaja tiba dan tinggi badan tak memadai dalam persyaratan menjadi seorang Pramugari, cita-citaku seketika berubah ingin menjadi seorang Diplomat dan Penyiar Televisi. *cukup pilih salah satu, Diplomat atau Penyiar ya, jangan kau duakan cintamu #eeaaa #upss
.
Selanjutnya, aku sudah cukup puas melihat mbak-mbak Pramugari cantik itu setiap kali naik pesawat dan memperhatikan seragam mereka. Sesungguhnya ada sebersit rasa syukur di dalam hati, karena salah satu persyaratan tes menjadi Pramugari yang pernah kubaca adalah harus mengenakan rok di atas lutut. Ah, bukan aku banget itu. Aku terlalu sopan dan pemalu melakukan itu โ˜บย Tampaknya Dia Yang Maha Mengetahui sudah sangat pas mengatur segalanya, dengan tidak mengizinkanku menjadi seorang cabin crew.
.
Kini ku tahu, tak selamanya sesuatu yang terlihat menyenangkan dan wah selalu indah seperti yang kubayangkan.
Apalagi setelah beberapa hari lalu menyaksikan tayangan di sebuah televisi swasta, tentang wawancara bersama seorang Pramugari yang menjadi salah satu korban dalam kecelakaan maskapai singa terbang ini beberapa tahun yang lalu. Ia bercerita harus menjalani berkali-kali operasi untuk memperbaiki anggota tubuh dan tekstur wajahnya akibat kecelakaan itu, tanpa ada bantuan dari pihak perusahaan. Ia pun menuturkan ketidakjelasan sistem kontrak yang diterapkan, karena ia dan rekan sejawatnya masih terlalu muda saat itu. Bisa diterima sebagai Pramugari dan berkeliling Indonesia dengan pesawat saja sudah merupakan suatu kebanggaan baginya dan teman-teman, tanpa terpikir hal lain terkait perjanjian kerja dan sejenisnya.
.
Miris memang, sekaligus prihatin mendengarnya.
Tapi sekali lagi…
Siapalah aku?
Yang hanya mampu menautkan beberapa rangkai kalimat dalam kenangan akan cita-cita masa lalu.
.
Tapi tak perlu khawatir, aku masih tetap penggemarmu yang dulu.
.
Masih tetap cinta langit, pesawat, dan segala hal yang berbau angkasa… ๐Ÿ’•
๐Ÿ’œ๐Ÿ’›๐Ÿ’š